Saluran Air Anda Sering Mampet? Ini Dia Tipsnya Agar Tetap Lancar

image

PropertiNews.id, Tangerang – Salah satu komponen penting yang harus ada di setiap rumah adalah saluran air. Komponen tersebut biasanya berada di bak cuci piring ataupun kamar mandi. Saluran ini mengalirkan semua air yang telah diguakan (baik air cucian piring, cucian baju, ataupun air bekas mandi) keluar rumah sehingga menjaga rumah dari genangan air.

Jika Anda sudah menggunakan pipa yang benar dan berkualitas untuk saluran air Anda, maka Anda beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga saluran tetap lancar. Kadang kala, meski Anda sudah memilih menggunakan pipa yang berkualitas, masih saja air tidak lancar atau tersumpal.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga saluran air agar tetap lancar. Seperti apa caranya ? Berikut ini kami sajikan tipsnya untuk Anda.

Tidak Membuang Sampah ke Dalam Saluran Air

Seperti yang telah disebutkan, tanpa disadari banyak benda-benda kecil yang seringkali masuk ke saluran air bersama dengan air. Pada bak cuci piring, biasanya benda-benda tersebut adalah sisa-sisa makanan. Sedangkan pada kamar mandi, benda tersebut adalah rambut rontok ataupun tisu.

setelah mengetahui penyebab saluran air mampat, tentu saja cara pertama untuk menjaga saluran air adalah menghindarkan benda-benda tersebut agar tidak masuk ke dalam saluran air.

Gunakan Pipa yang Tepat

Selanjutnya jangan lupa menggunakan pipa yang tepat. Pipa yang tepat akan membuat saluran semakin lancar dan tahan lama. Baik tidak mengalami penumpukan sampah maupun tidak mudah pecah sehingga awet atau tahan lama. Anda bisa memilih pipa dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda dari segi bahan pipa dan ukuran diameter pipa. Bahan pipa menentukan dari kekuatan pipa dan sifat pipa.

Membersihkan Lubang Saluran Air Secara Rutin

Menyangkutnya sisa makanan dan helaian rambut sering kali memang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air paling tidak seminggu sekali. Gunakanlah cairan disinfektan untuk membasmi bakteri dan kuman penyakit yang bersarang di sana. Manfaat juga bahan-bahan masak, seperti baking soda atau cuka, untuk menghancurkan kotoran yang menggumpal di dalam saluran air.

Selain itu, memasang saringan (filter) pada bagian lubang saluran floor drain (drainase) juga dapat mencegah benda-beda berukuran besar masuk ke dalam saluran air.

Baca Juga : Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Vinyl untuk Lantai

Perhatikan Bentuk Sistem Saluran Air

Selain memilih pipa yang tepat, perhatikan juga bentuk sistem saluran air saat membangunnya. Sebisa mungkin, hindari belokan pipa yang terlalu banyak. Pasalnya semakin banyak belokan, saluran air akan lebih mudah tersumbat. Idealnya, saluran air di rumah menggunakan sistem belok Y yang memiliki kemiringan 45 derajat. Sistem ini memudahkan kotoran dan air untuk mengalir keluar. Semakin miring, semakin mudah. Bahkan jika memungkinkan, buat sistem saluran air dengan bentuk lurus tanpa belokan agar air bisa langsung mengalir tanpa terhambat.

Memanfaatkan Bahan Makanan untuk Melancarkan Saluran Air

Anda bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di dapur untuk melancarkan saluran air Anda. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan larutan garam dan cuka. Anda hanya perlu menuangkan larutan tersebut ke dalam saluran dan membilasnya dengan air mendidih.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan soda kue, garam, dan cuka. Pertama-tama campurkan soda kue dan garam, kemudian tuangkan ke dalam saluran air. Setelahnya, tuangkan cuka yag sudah didihkan sebelumnya. Tutup saluran air selama beberapa menit dan bilas dengan air mendidih.

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Jendela untuk Rumah Minimalis Anda

Cara yang ketiga hanya memerlukan garam. Tuangkan garam ke dalam saluran dan bilas dengan air mendidih. Namun cara ini harus dilakukan berulang kali agar efektif.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, aktivitas rumah tangga tidak lagi terganggu karena saluran air yang mampet. Selaman mencoba. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo