Langkah Mudah Membuat Dapur Tetap Terlihat Bersih

image

PropertiNews.id, Tangerang – Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang keberihannya harus selalu dijaga. Di ruangan ini, makanan dan minuman untuk keluarga diproses sehingga anda harus benar-benar menjaga kebersihan ruangan yang satu ini.

Dapur yang bersih memiliki manfaat bagi kesehatan Anda sekeluarga. Namun dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam satu hari, Anda mungkin terlalu lelah untuk membersihkan dapur. Nah, agar dapur senantiasa bersih, berikut ini ada tips langkah mudah membersihkan dapur yang bisa jadi referensi Anda.

Bersihkan Area Kompor

Jangan lupa untuk membersihkan daerah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak dan kerak gosong yang mungkin ada di tungkunya. Pertama-tama, perhatikan bagian tungku kompor gas apakah ada sisa makanan yang jatuh ke dalamnya dan menjadi gosong. Angkat dudukan kompor gas dan bersihkan dari kerak maupun gosong. Jika sudah bersih, letakkan kembali dudukan kompor tadi dan lap permukaan kompor hingga bersih. Perhatikan pula keadaan dinding dekat kompor. Jika kotor, bersihkan segera dengan cairan pembersih serbaguna.

Bersihkan Tempat Mencuci Piring

Setelah selesai mencuci piring kotor sehabis masak maupun makan, jangan lupa juga untuk membersihkan bak pencuci piring. Tanpa Anda sadari, kotoran lemak dan sisa makanan bisa menumpuk di permukaan bak cuci piring maupun keran air. Anda juga bisa menggunakan Jeruk Nipis untuk membersihkan tempat mencuci piring Anda.

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Interior Vintage untuk Rumah Anda

Manfaatkan Dinding untuk Menyimpan Peralatan Masak

Langkah praktis lainnya agar dapur terlihat selalu rapi adalah dengan memanfaatkan dinding kosong sebagai tempat menggantung peralatan masak. Gunakan beberapa paku beton sebagai kaitannya. Semua peralatan dicuci bersih, gantung pada kaitan di dinding. Hal ini jugga menghindari kuman yang suka menempel di peralatan masak yang lembab.

Penataan Bumbu Masak dalam Toples

Mengorganisir bumbu dapur dalam toples transparan dapat memberi kesan rapi dan teratur pada dapur. Bila perlu namai setiap toples berdasarkan isinya untuk menghindari kesalahan fatal saat memasak untuk berbuka puasa atau sahur. Tata toples dengan menggunakan floating shelf atau rak yang menempel pada dinding untuk memaksimalkan ruang makan Anda.

Buang Sampah

Jangan lupa juga untuk selalu mengosongkan tempat sampah yang ada di dapur setiap harinya. Buang sampah ke luar rumah untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri di dapur yang berasal dari sampah. Selain itu, buang sampah secara teratur juga menghindarkan dapur Anda kedatangan tamu tak diundang seperti semut dan kecoa yang bisa menjadi membuat dapur kotor dan tidak higienis.

Baca Juga : Ide Mudah untuk Renovasi Ruang Tamu Anda

Dengan rajin dibersihkan, dapur bersih pun bisa diwujudkan. Dapur yang sehat tentu akan berimbas pada terjaganya kesehatan Anda sekeluarga. Meski terkadang melelahkan, jangan biarkan dapur Anda kotor tanpa dibersihkan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo