Musim Panas Melanda, Ini Dia Tips Buat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

image

PropertiNews.id, Tangerang – Indonesia dikenal sebagai negara tropis. Saat musim kemarau, cuaca akan terasa lebih terik. Pendingin ruangan seperti AC menjadi salah satu solusi bagi mereka yang berada di dalam rumah ketika bersantai. Tapi hal tersebut tentunya membawa konsekuensi tagihan listrik yang tinggi. Bagi Anda yang ingin membuat rumah terasa lebih sejuk tanpa AC, berikut ini kami berikan artikelnya untuk Anda.

Memasang Tirai Jendela

Saat udara terasa panas kita cenderung membuka semua jendela di rumah dengan harapan agar angin masuk menyejukkan ruangan. Namun yang terjadi adalah aliran udara panas yang masuk, sehingga suhu ruangan semakin bertambah panas. Hal ini bisa diatasi dengan memasang tirai di semua jendela. Lebih baik lagi bila tirai tersebut terbuat dari bahan alami seperti bambu atau kayu. Udara yang mengalir masuk melalui sela-sela tirai akan terasa lebih sejuk dan suhu ruangan akan terasa lebih nyaman.

Baca Juga : Jadikan Interior Rumah Lebih Hangat dengan Gaya Retro

Gunakan Kipas Angin

Daripada membeli pendingin ruangan dengan harga yang mahal, apalagi jika ingin menghemat listrik, Anda bisa menggunakan kipas angin. Siapkan semangkuk es atau benda lain yang serupa dinginnya dan letakkan di depan sebuah kipas besar. Dengan demikian, udara dingin yang dikeluarkan oleh es bisa menyebar ke seluruh ruangan berkat kipas angin.

Selain itu, ubah atau pilih kipas angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Percaya atau tidak, putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam pada kecepatan yang lebih tinggi akan menghasilkan aliran udara yang terasa lebih dingin.

Menambah Tumbuhan Hijau

Cara yang ini tidak hanya membuat rumah anda menjadi lebih sejuk tapi juga membuat udara di rumah anda lebih segar. Menanam pohon terbukti membuat suhu udara di sekitar bertambah sejuk 3-4 derajat Celcius.

Jika rumah Anda mungil dan tidak memiliki halaman untuk menanam pohon, merawat tanaman dalam pot dan tanaman gantung dapat menjadi solusi. Tanaman gantung juga bisa ditempatkan di depan jendela, mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk langsung ke dalam rumah.

Matikan Lampu dan Gunakan Pencahayaan Alami

Lampu sendiri juga termasuk salah satu barang yang akan menghasilkan panas. Meski memberikan penerangan yang cukup di dalam ruangan, namun ketika tidak diperlukan tentu ada baiknya dimatikan saja. Manfaatkan pencahayaan alami dari matahari ketika siang hari.

Baca Juga : Ingin Kaca Rumah Anda Selalu Bersih ? Simak Cara Berikut Ini

Mengoptimalkan Pergerakan Udara dengan Membuat Lubang Angin

Banyak orang yang merancang rumahnya agar tidak memiliki lubang angin dan hanya jendela saja. Hal ini sebenarnya merugikan bagi penghuni rumah karena membatasi pergerakan angin di dalam rumah. Pergerakan udara atau angin terjadi paling maksimal jika ruangan dapat dilalui udara dari dua sisi.

Di sisi lain, tidak adanya lubang angin juga membahayakan karena meniadakan pertukaran udara dari dalam ke luar rumah. Jika Anda takut rumah Anda dipenuhi dengan nyamuk dan serangga lainnya, pemasangan kawat nyamuk bisa menjadi solusi.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda tiru atau terapkan untuk membuat rumah terasa lebih sejuk tanpa AC. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo