Jadikan Interior Rumah Lebih Hangat dengan Gaya Retro

image

PropertiNews.id, Tangerang – Istilah retro merupakan kependekan dari sebuah kata dalam bahasa Perancis, retrospektif. Pada awalnya, istilah ini mulai dikenal di Perancis pada tahun 1970 sebagai busana yang dikenal di Negara tersebut.
Tren kembali ke masa lalu memang sedang digandrungi saat ini. Entah itu dengan mendengarkan musik lawas, memakai baju dengan fashion 70-an atau 90-an, hingga membawa kenangan masa lalu tersebut ke dalam interior rumah gaya retro.

Gaya retro sendiri dikenal sebagai salah satu jenis desain dekorasi rumah dengan teknik mengulang gaya yang pernah populer pada masa lalu.

Saat ini desain interior bergaya retro juga banyak dilirik. Alasannya, selain inspiratif gaya retro ini mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan. Penasaran dengan bagaimana gaya retro yang bisa Anda terapkan di hunianmu? Baca terus artikel yang telah kami sajikan untuk Anda berikut ini.

Warna Cerah dan Hangat Mencerminkan Kepribadian

Gaya retro memang khas dengan kombinasi warna primer yang eksplosif. Khas dengan warna yang bebas, gaya desain ini bisa menunjukkan kepribadian penghuninya yang mandiri serta ceria.

Baca Juga : Mengenal Gaya Desain Arsitektur Eklektik untuk Mendapatkan Kesan Rumah yang Tidak Monoton

Untuk skema warna ruangan gaya retro, Anda bisa mengkombinasikan warna-warni seperti merah, biru, warna sitrus, hijau dengan warna achromatic white dan hitam sebagai latar.

Pemilihan Furniture

Meski gaya retro identik dengan gaya masa lalu, namun dalam pemilihan furniturenya, tidak mesti harus mencari furniture yang antik dan sudah berumur puluhan tahun. Anda dapat menciptakan furniture bergaya retro dengan kreativitas Anda, misalnya mencari furniture yang ramping dan mempunyai wallpaper pattern. Namun, jika Anda mempunyai koleksi furnitur antik dari tahun 1950-1970-an tentu kesan masa lalunya akan lebih terasa.

Selain itu pengaplikasian sofa warna oranye atau putih atau kombinasi keduanya juga akan menghadirkan kesan retro pada suatu ruangan. Untuk memunculkan suasana klasik Anda dapat menempatkan furniture dengan bentuk lengkung. Agar kesan modern tetap terasa pada ruangan Anda dapat mengaplikasikan kaca pada beberapa furniture.

Penambahan Aksesoris

Bagi Anda yang memiliki koleksi piringan hitam atau buku dan majalah, dekorasi ala retro yang satu ini bisa digunakan untuk mempercantik ruang keluarga atau kamar tidur Anda. Sebagai pemanis Anda bisa tambahkan dekorasi tanaman hias seperti kaktus.

Penggunaan Material pada Desain Interior Bergaya Retro

Kreativitas dan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi penggunaan material desain interior bergaya retro. Bukan hanya kayu saja yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membantu menciptkan kesan klasik pada desain interior bergaya retro. Kini ada banyak material yang dapat digunakan, antara lain plastik, akrilik, fiberglass, vinyl.

Baca Juga : Yuk Pahami Lebih Jauh Mengenai Desain Arsitektur Kontemporer

Bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk semua elemen desain interior bergaya retro, mulai dari lantai, dinding, plafon dan sebagainya. Biasanya material yang digunakan pada gaya retro ini material sintetis. Pemilihan material ini karena beberapa kelebihan yang dimilliki material tersebut, yakni simple tetapi aneka warna yang menyertainya menjadikan material sintetis ini sangat pas untuk desain interior bergaya retro.(ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo