Pentingnya Mengenal Exhaust fan untuk Ruangan Anda

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sirkulasi udara yang lancar dalam hunian merupakan hal yang perlu diprioritaskan saat mendesain rumah. Memiliki rumah sehat adalah idaman semua orang. Selain membersihkan rumah secara berkala, idealnya sebuah rumah wajib memiliki exhaust fan serta sistem sirkulasi udara yang baik agar semua penghuni rumah dapat menghirup udara segar dan menhindari udara kotor yang terkontaminasi.

Kini di pasaran banyak beredar beragam jenis ukuran maupun model dari exhaust fan atau penghisap udara yang bisa dipilih. Terdiri dari berbagai macam jenis, Anda sebaiknya mengetahui setiap variasi exhaust fan agar bisa memasangnya pada ruangan yang tepat. Berikut ini kami berikan artikelnya untuk Anda.

Exhaust Fan Langit-Langit

Cocok dipasangkan di plafon ruangan yang tidak dilengkapi area terbuka seperti dapur, model exhaust fan yang satu ini terhubung dengan saluran pembuagan udara bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR) yang bisa Anda letakkan di bagian loteng serta pipa sebagai penyalur udara ke luar rumah.

Adapun exhaust fan yang diinstalasi pada langit-langit saat ini terdiri dari berbagai macam merek dan ukuran kipas, mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Sebelum memasangnya, pastikan Anda menyesuaikan dengan luas ruangan agar proses sirkulasi udara bisa berjalan secara maksimal.

Baca Juga : Musim Panas Melanda, Ini Dia Tips Buat Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC

Exhaust Fan Dinding

Ada pula variasi exhaust fan yang bisa Anda pasangkan pada bagian dinding. Memiliki cara kerja yang sederhana, exhaust fan jenis ini tidak memerlukan saluran pipa khusus sehingga dapat dipasangkan tanpa perlu memita bantuan ahli khusus.

Untuk Anda yang tertarik memasang jenis exhaust fan ini, pastikan dinding Anda berhadapan langsung dengan area terbuka di luar ruangan agar sirkulasi udara bisa berjalan optimal.

Exhaust Fan Tipe Inline

Jika ruangan tidak memiliki akses langsung ke ruangan terbuka di luar bangunan, maka exhaust fan jenis ini sangat cocok digunakan. Meskipun memerlukan ahli khusus untuk pemasangannya, exhaust fan dapur jenis inline dapat bekerja secara maksimal untuk menghisap udara kotor dari dalam ruangan. Selain itu, alat ini pun dilengkapi sejumlah komponen penting yang terdiri dari filter dalam, filter luar, pipa dan kipas penyedot.

Exhaust Fan Jendela

Untuk menjaga kesegaran udara di kamar, ruang tamu ataupun ruang keluarga, Anda bisa menggunakan exhaust fan yang dipasang pada jendela rumah. Model ini bisa Anda pasangkan pada jendela kaca yang mempunyai ketebalan mulai dari 3-7 mm dan menghadap ke area terbuka supaya udara kotor dari dalam ruangan bisa langsung dibuang keluar.

Sementara jika Anda ingin memasang exhaust fan ini pada ruangan yang tidak berhadapan langsung ke area terbuka, pastikan untuk memasangnya secara berhadapan pada ruangan yang berukuran lebih besar.

Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Terakhir adalah exhaust fan berupa cooker hood yang secara spesifik bisa Anda pasangkan di atas alat memasak seperti kompor. Model ini bekerja kuat untuk menyingkirkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses masak-memasak di dapur dan dapat memaksimalkan kinerja exhaust fan pada plafon atau dinding supaya asap kotor lebih cepat disingkirkan.

Dalam penerapan exhaust fan, ada baiknya Anda tetap mengombinasikan sistem ventilasi rumah natural supaya sirkulasi udara dapat berjalan semakin lancar dan membuat kualitas udara di dalam ruangan tetap sehat. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo