Berikut Penjelasan Singkat Tentang Mixed Use yang Perlu Anda Tahu

image

Propertinews.id, Tangerang – Guna memikat para pembeli, kini apartemen menawarkan banyak sekali konsep menarik, salah satunya yakni mixed-use. Mixed-use sendiri merupakan sebuah bangunan, kompleks bangunan, atau sebuah lingkungan yang memiliki bermacam-macam kegunaan.

Dalam prakteknya, konsep mixed-use sendiri telah sudah banyak digunakan oleh beberapa negara di dunia sejak tahun 1920. Amerika menjadi negara pertama yang mengembangkan konsep ini yang dimulai oleh Clarence Steiin dan Clarence Perry pada awal abad ke-19.

Tujuan adanya konsep tersebut, yakni untuk menggabungkan area perkantoran, tempat tinggal, hingga pusat aktivitas lainnya yang berada dalam satu area. Kawasan mixed-use sendiri harus mampu menjadi sebuah kawasan mandiri yang dapat dijadikan sebuah tempat tinggal, tempat bekerja, serta tempat rekreasi dalam satu kawasan.

Di tengah padatnya penduduk di kota-kota besar, bangunan mixed-use bisa jadi solusi yang tepat. Para penghuni bisa hidup jauh lebih hemat karena jarak antara tempat tinggal dan tempat bekerja yang sangat dekat.

Selain itu, konsep mixed-use juga biasanya diterapkan di lokasi yang strategis sehingga dapat memaksimalkan pembangunan di lahan yang relatif kecil.

Apartemen berkonsep mixed-use membawa banyak keuntungan bagi para penghuninya, antara lain seperti:

-          Hemat waktu, biaya, dan tenaga karena semua yang dibutuhkan terdapat dalam satu kawasan

-          Memiliki aksesibilitas yang tinggi karena beradadi pusat kota

-          Pembanguannya lebih bersinergi

-          Ramah lingkungan

Dalam praktiknya, bangunan mixed use dapat dicirikan dari beberapa hal, termasuk ciri berikut ini:

-          Terdiri dari 3 fungsi atau lebih, seperti perkantoran, retail, hunian, hingga erntertainment.

-          Adanya integrasi dan sinergi secara fungsional

-          Masing-masing fungsi memiliki ketergantungan

-          Peningkatan kualitas lingkungan

Jika hunian yang Anda tinggali kini memenuhi ciri-ciri di atas, maka dapat dipastikan Anda tinggal di dalam kawasan mixed use. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo