5 Tips Beli Tanah Kavling Agar Tak Tertipu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Anda berencana membeli tanah kavling? Tanah merupakan salah satu aset properti yang menarik untuk dimiliki apalagi jika untuk berinvestasi.

Tanah kavling sendiri merupakan bidang tanah di sebuah kawasan yang sertifikatnya sengaja dipecah, baik untuk badan usaha yang sah maupun perorangan.

Saat ini banyak agen yang menawarkan dan menjanjikan tanah kavling dengan kawasan yang strategis dan lain sebagainya. Namun, sebelum Anda membelinya ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal ini juga.

Memperhatikan Kondisi Tanah

Sebelum Anda memastikan untuk membeli tanah kavling di suatu kawasan, penting untuk memperhatikan jenis tanahnya terlebih dahulu. Tidak hanya kontur dan jenis tanahnya saja, namun juga prospek kedepanya. Apakah lokasi tersebut strategis dalam beberapa tahun ke depan, baik infastruktur ataupun proyek properti lainnya.

Cek Sertifikat Tanah

Hal lainnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek apakah sertifikat tanahnya masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM).

Jika masih berupa HGB, tanyakanlah kepada pengembang yang bertanggung jawab siapa yang harus menanggung biaya peningkatan hak menjadi SHM. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan pengeluaran yang tidak terencana.

Mengecek Keabsahan Sertifikat Tanah

Datang dan klarifikasi untuk mengecek keabsahan sertifikat tanah tersebut ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan membawa fotocopy sertifikat tersebut, dan tanyakan apakah sudah terdaftar di BPN setempat.

Periksa Luas dan Batas Tanah Kavling

Luas tanah yang tidak sesuai adalah salah satu hal yang sering menjebak ketika membeli tanah kavling. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu luas tanah kavling yang akan Anda beli, apakah sudah pas dengan yang tercantum di sertifikat. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap harga yang akan Anda bayarkan.

Perkembangan Lingkungan

Anda harus pintar dan jeli melihat perkembangan lingkungan sekitar terutama kanan kiri yang pastinya akan menjadi calon tetangga Anda nantinya. Apakah tanah kavling di area tersebut cepat laku jika akan dijual nantinya meskipun tidak dibangun atau sebaliknya jika Anda bangun. Dan selalu lihat harga pasaran tanah di wilayah tersebut.

Nah itu dia tadi 5 hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli tanah kavling. (ZH)

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo