Apa Itu Tanah Kavling? Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

image

Propertinews.id, Tangerang – Mungkin di antara Anda kerap bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud tanah kavling? Tanah kavling biasanya sering dilihat di brosur-brosur penjualan rumah. Tentu bagi orang awam, tanah kavling ini membingungkan, berentuk seperti apa dan apa bedanya dengan jenis tanah lainnya.

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, tanah kavling berarti bagian tanah yang sudah dipetak-petakkan dengan ukuran tertentu yang nantinya akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal. Jadi dapat disimpulkan bahwa tanah kavling merupakan petakan tanah yang akan dibangun tempat tinggal.

Dalam praktiknya, tanah kavling dibagi kedalam tiga jenis. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri sehingga Anda harus jeli dalam memilih sesuai keinginan dan tujuan Anda membeli.

Agar lebih cermat dan tak salah pilih, berikut kami rangkum tiga jenis tanah kavling beserta pengertiannya.

1.       Cul de Sac Lot

Jenis tanah kavling yang pertama ini berasal dari kata Perancis, yang jika diartikan berarti tanah kosong di jalan buntu. Dalam praktiknya, jenis tanah kavling ini memiliki bagian depan yang cenderung menyempit namun sedikit melebar di bagian belakang.

Kendati bagian depan terlihat sempit, namun kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri, salah satunya yakni kenyamanan. Sebab, bangunan yang dibangun dalam kondisi ini nantinya relatif lebih tenang karena berada di jalan buntu sehingga sedikit orang yang melewatinya.

2.       Interior Lot

Jenis tanah kavling ini juga biasa dikenal dengan sebitan cluster atau klaster. Tanah kavling jenis ini berada di tengah deretan kavling pada satu blok. Kelebihan yang dimiliki interior lot, yakni biasanya hanya memiliki satu akses pintu gerbang sehingga dapat dijaga dengan baik dan jauh dari kebisingan.

Selain itu, tanah kavling interior lot juga cukup baik dalam segi perawatan. Sebab, Anda hanya perlu memperatikan masalah yakni sirlukasi udara yang biasanya tidak begitu bagus.

3.       T-Intersection Lot

Nah, kalau jenis tanah kavling ini kerap disebut dengan tusuk sate. Bagi sebagian orang, jenis tanah kavling ini sering kali dikaitkan dengan masalah gaib yang konon katanya lokasi makhluk halus bersemayam.

Padahal, jika dilihat dari kacamata bisnis, jenis kavling ini merupakan jenis yang paling menguntungkan sebab mudah terlihat dari jauh sehingga sangat cocok dijadikan tempat usaha dibanding rumah tinggal.

Itulah pengertian dan jenis-jenis tanah kavling. Jadi, Anda pilih tanah kavling yang mana? (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo