Tertarik pada Investasi Tanah? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Sebelum investasi rumah atau apartemen mulai banyak digeluti, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang melakukan investasi tanah. Harga tanah yang terus meningkat di tiap tahunnya membuat beberapa orang tertarik untuk melakukan bisnis investasi ini. Meningkatnya nilai jual tanah akan memberikan peluang keuntungan yang menggiurkan untuk Anda, karena kebutuhan akan tanah atau lahan akan terus bertambah sedangkan jumlahnya akan semakin terbatas. Hal tersebut membuat harga tanah jarang mengalami penurunan, terlebih jika lokasi dari tanah berada di wilayah yang ramai atau memiliki akses yang mudah.

Itulah mengapa, investasi tanah masih dilakukan hingga saat ini. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi tanah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, termasuk kelebihan serta kekurangan dari investasi tanah. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan investasi tanah untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda!

 

Kelebihan Investasi Tanah

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, bahwa tanah memiliki nilai jual yang terus naik. Harga tanah akan mengalami adanya peningkatan hampir di setiap tahunnya. Kenaikan dari nilai jual tanah setiap tahunnya dapat mencapai angka hingga 20-25%. Angka tersebut dapat naik maupun turun, tergantung pada aspek kondisi serta lokasi dari tanah. Jika tanah berada di wilayah yang tengah berkembang, kemungkinan harga tanah akan melonjak naik. Namun jika tanah berada di wilayah yang sulit dijangkau, harga tanah pun akan sulit untuk mencapai harga pasarannya.

Untuk memaksimalkan keuntungan yang akan diraih, Anda dapat mempertimbangkan aspek lokasi dari tanah yang akan dijadikan sebagai investasi. Pilihlah tanah di wilayah yang strategis dan berpotensi untuk menjadi wilayah berkembang agar Anda dapat menikmati keuntungan di masa mendatang.

Keuntungan lain dari investasi tanah yaitu memiliki nilai tambah. Dengan memiliki tanah, Anda dapat membangun rumah ataupun ruko yang dapat Anda pakai untuk menambah penghasilan. Anda dapat menyewakan rumah sebagai kontrakan ataupun kos-kosan. Anda juga dapat menyewakan ruko yang nantinya akan memberikan Anda passive income. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan tanah sebagai media untuk bercocok tanam sembari menunggu harga tanah cocok untuk dijual.

Bila dibandingkan dengan rumah ataupun apartemen, biaya perawatan tanah lebih jauh lebih murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk keamanan agar tanah yang dimiliki tidak diambil maupun diakui oleh orang lain. Biaya perawatan yang cenderung kecil juga menjadi kelebihan dari investasi tanah. Selain itu, risiko kehilangan dalam investasi tanah juga sangat kecil. Selama Anda masih memiliki kelengkapan surat serta sertifikat kepemilikan, Anda tidak perlu khawatir akan risiko kehilangan tanah.

 

Kekurangan Investasi Tanah

Dibalik segala kelebihan yang telah dijabarkan, investasi tanah tentu juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah modal yang diperlukan untuk melakukan investasi tanah tidaklah sedikit. Terlebih jika Anda mencari tanah yang berada di wilayah berkembang dan strategis, modal yang Anda butuhkan akan semakin besar. Selain itu, investasi tanah juga tidak memberikan penghasilan yang tetap. Apalagi jika tanah berada dalam keadaan kosong selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Investasi tanah juga memungkinkan adanya risiko diakui oleh orang lain. Jika Anda membeli tanah di daerah yang cukup jauh dari tempat tinggal Anda, maka risiko ini dapat terjadi. Terlebih jika Anda jarang mengunjungi dan merawat tanah. Selain itu, risiko perebutan wilayah tanah juga dapat terjadi. Hal tersebut dapat memberikan kerugian jika Anda kurang mengurus tanah yang dijadikan sebagai investasi.

 

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari investasi tanah, apakah Anda tetap tertarik untuk melakukan investasi tanah? Segera rencanakan dengan matang agar investasi tanah membawa keuntungan yang melimpah untuk Anda! (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo