7 Tips Rahasia Dekorasi Hemat Apartemen Studio

image

Propertinews.id, TangerangApakah Anda baru saja membeli sebuah apartemen tipe studio? Jika ya, mungkin sekarang Anda ingin mendekorasi apartemen studio dengan cara yang simpel, sederhana, dan murah. Nah, untuk mendekorasi apartemen studio kami ingin berbagi tips rahasia dekorasi hemat apartemen studio .

Apartemen memang tengah banyak dipilih oleh masyarakat karena tinggal di apartemen memiliki kelebihan yang tidak dimiliki dengan tinggal di rumah tapak. Namun apartemen terutama apartemen tipe studio memiliki ukuran yang tergolong minimalis. Untuk itu, mendekorasi apartemen tipe studio yang minimalis ini membutuhkan perhatian lebih teliti. Perlu perencanaan yang matang agar desain interior apartemen minimalis Anda bisa terwujud sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Ini Dia Keuntungan jika Anda Beli Apartemen dekat Stasiun LRT

Oleh karena itu, PropertiNews.id ingin berbagi 7 tips rahasia dekorasi hemat apartemen studio. Apa saja tipsnya? Simak selengkapnya di sini.

Gunakan Warna yang Sesuai

Warna adalah salah satu unsur yang mempengaruhi gaya dan kesan pada sebuah ruangan di apartemen. Untuk menimbulkan berbagai gaya seperti gaya trendy, etnik, atau sederhana minimalis dapat dimulai dengan pemilihan warna latar yang tepat.

Jika Anda menginginkan apartemen studi Anda  terkesan luas, maka Anda dapat memilih warna-warna netral dan terang sebagai latar warna ruangan. Warna-warna netral dan terang akan membuat ruangan terasa lebih lebar dan luas.

Jadikan Area Dekat Bukaan Menjadi Area Lapang

Apartemen studio yang memiliki area bukaan seperti jendela dapat dimanfaatkan sebagai area lapang tempat Anda bergerak dengan leluasa. Untuk itu, gunakan furnitur fungsional yang memiliki beragam fungsi. Misalkan Anda dapat menggunakan sofa dengan kolongan laci untuk menyimpan berbagai barang, Anda juga dapat menggunakan meja vas bunga dengan fungsi rak buku. Atau Anda juga dapat menempelkan televisi ke dinding untuk menghemat penggunaan ruangan.

Adanya bukaan alamari seperti jendela pada apartemen studio yang minimalis membuat ruangan terasa lebih menyegarkan. Dengan adanya bukaan area lapang juga dapat membuat Anda lebih nyaman berkumpul bersama keluarga.

Rak Display Tanpa Kaki untuk Kesan Lebih Luas

Salah satu trik yang dapat Anda gunakan untuk membuat dekorasi cantik pada apartemen studio adalah dengan memanfaatkan rak display. Namun karena apartemen studio memiliki ukuran yang minimalis, Anda dapat menggunakan rak display tanpa kaki atau rak display gantung untuk menghemat penggunaan ruang.

Efisiennya penggunaan ruangan pada apartemen studio akan membuat area unit apartemen Anda terasa lebih luas. Penggunaan rak display yang susai juga akan menimbulkan kesan lebih rapi dan bersih.

Manfaatkan Area Dekat Pintu sebagai Dapur

Kebanyakan model apartemen studio menempatkan meja bar sebagai pembatas antara kamar dengan dapur. Namun jika apartemen studio Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan meja bar sendiri yang lebih murah. Tempatkanlah area masak dekat area transisi antara pintu masuk dengan kamar.

Anda bisa membuat dapur dengan kitchen set mini pada interior apartemen studio minimalis milik Anda. Meski area ini dibuat minimalis sekali, area dapur sudah bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Jangan lupa tambahkan penghisap asap kompor agar area lainnya tidak terasa sumpek.

Maksimalkan Furnitur Ruang Tidur Pada Satu Sisi

Untuk menambahkan kesan minimalis dan luas, Anda bisa memilih furnitur ruang tidur dengan nuansa kayu dan nuansa putih. Penggunaan tempat tidur tanpa dipan atau dipan laci penyimpanan dapat sangat membantu menghemat penggunaan ruangan sehingga ruangan dapat lebih terasa lebih luas dan fungsional.

Kemudian, furnitur dapat ditempatkan secara sejajar. Hal ini akan berpengaruh pada ruangan sehingga bagian lainnya terasa lebih luas. Untuk menambah kesan luas, Anda dapat menggunakan cermin karena pantulan-pantulan dari runagan dan cahaya lampu di dalamnya.

Mengombinasikan 3 Jenis Pencahayaan

Selain warna pencahayaan juga sangat penting. Bahkan pencahayaan merupakan unsur penting untuk memperkuat kesan ruangan. Penggunaan cahaya juga dapat membangun mood penghuni ruangan tersebut loh.

Nah untuk membangun mood, Anda dapat memadukan tiga jenis pencahayaan yang berbeda-beda, seperti pencahayaan terpusat, pencahayaan fokus, dan pencahayaan tambahan.

Untuk pencahayaan terpusat, Anda bisa menggunakan lampu gantung. Kemudian untuk penchayaan fokus, Anda dapat menggunakan standing lamp. Sementara untuk  pencahayaan tambahan Anda dapat menggunakan lampu dinding. Gunakan lampu dengan warna netral atau gold agar kesan ruangan semakin elegan.

Manfaatkan Tanaman Hias

Dekorasi terakhir yang dapat Anda tambahkan adalah tanaman hias. Sesuaikan aksesoris ruangan dengan gaya desain interior yang Anda inginkan. Misalkan degan menggunakan vaiasi tanaman hias untuk berbagai gaya desain seperti minimalis, Skandinavian, Bohemian, rustic, dan lain sebagainya.

Jika Anda memilih furnitur dengan unsur kayu yang kuat, maka tanaman hias merupakan pemanis tambahan yang tepat. Namun jika Anda menggunakan furnitur minimalis, penggunaan tanaman akan memberikan kesan segar di ruangan Anda.

Itulah beberapa tips dekorasi rumah yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik dan mendekorasi apartemen studio. Anda juga dapat bereksperimen dengan gaya dekorasi lain, namun tetap harus memiliki rencana yang matang agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi Anda. (ADR).

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo