Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyewa Apartemen

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memilih untuk tinggal di hunian dengan sistem sewa memang membebaskan Anda dari keharusan pemeliharaan dan perbaikan properti. Menyewa apartemen menawarkan kenyamanan dan kebebasan, meski terdapat batasan hal yang dapat Anda lakukan pada sebuah apartemen sewaan.

Meski batasan dapat berbeda tergantung masing-masing pemilik properti, berikut beberapa hal umum yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan saat menyewa apartemen.

1.       Jangan Mengecat Sembarangan

Terkadang penyewa cenderung berpikir bahwa mengecat properti sewaan dapat menyenangkan hati pemilik properti. Namun, pada beberapa kasus, pilihan cat seperti merah darah tidak akan membuat apartemen menjadi tempat yang cantik.

Baca Juga: Tipe Apartemen Studio Sesuai Kebutuhan Anda

Cara terbaik jika Anda ingin mengecat apartemen sewaan adalah untuk meminta izin pemilik dan buat perjanjian tertulis. Jika tidak diizinkan, maka Anda dapat mengecat perabot yang merupakan barang pribadi Anda sendiri untuk membuat ruangan memiliki aksen yang khas.

2.       Jangan Lakukan Renovasi Besar

Jika Anda berencana untuk melakukan renovasi terhadap unit apartemen yang Anda sewa, maka Anda perlu memikirkan ulang hal ini. Perlu dilakukan komunikasi hingga tercapai suatu kesepakatan mengenai apa yang akan Anda lakukan dengan properti yang disewa.

Pemilik yang tidak mengetahui tentang kipas di langit-langit tentu akan senang dengan hal ini, namun tidak berarti bahwa mereka akan mengganti biaya pemasangan dan pembelian dari kipas tersebut saat Anda pindah. Terlebih, jika Anda membawa kipas yang Anda beli pada saat pindah, maka Anda bertanggung jawab untuk menambal dan mengecat ulang langit-langit tempat kipas tersebut dipasang.

3.       Jangan Gunakan Palu

Meski kebanyakan pemilik mengizinkan Anda untuk menggantung foto dan gantungan, Anda perlu mempertimbangkan kembali ide dekorasi yang melibatkan penggunaan palu. Dengan kata lain, pikirkan kembali ide untuk menempatkan kabinet di kamar mandi atau dapur.

Dekorasi yang melibatkan palu seringkali membuat dinding menjadi rusak. Jika Anda bersedia untuk menanggung semua kerusakan yang terjadi, maka lakukan hal ini dengan menyadari risiko yang ada.

4.       Bantu Rawat Apartemen

Pemilik memang bertanggung jawab untuk perbaikan, namun sebagai penyewa, Anda bertanggung jawab untuk memberi tahu pemilik mengenai hal yang perlu diperbaiki di unit yang Anda sewa. Kerusakan seperti jalur pipa yang bocor atau mampet, Anda perlu melaporkan hal ini secepatnya.

Baca Juga: Keunggulan Apartemen Berikut Ini Bikin Nyaman Lho

Jika masalah kecil menjadi besar disebabkan oleh keterlambatan Anda dalam melaporkan, maka Anda mungkin saja harus bertanggung jawab untuk perbaikannya. Perlu diingat meski pemilik bertanggung jawab untuk pengendalian hama, Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan unit sehingga tidak menarik hama untuk datang. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo