Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bayangan memiliki apartemen untuk diri sendiri memang menyenangkan. Terkadang, suasana hati yang terlalu bersemangat cenderung mengaburkan penilaian kita secara objektif. Perlu diingat bahwa apartemen merupakan ruang yang akan menjadi tempat tinggal serta investasi yang dapat dijual kembali.

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen di bilangan Jakarta, cermati dulu beberapa hal yang penting.

1.       Tentukan Area yang Diinginkan

Proses pencarian apartemen adalah proses yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu area dari apartemen yang ingin dibeli. Untuk kebutuhan transportasi, cari apartemen yang dekat dengan stasiun KRL, MRT, ataupun LRT. Selain itu, pertimbangkan jarak dari apartemen ke kantor. Semakin singkat waktu yang diperlukan untuk berangkat dari apartemen ke kantor semakin baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lingkungan dari area yang dipilih. Perhatikan keamanan dan kenyamanan lingkungan. Jika lingkungan apartemen memiliki banyak bar, cafe, atau bahkan prostitusi, hal ini tentu dapat mengganggu dengan segala hiruk-pikuk dunia malam. Observasi dapat dilakukan dengan berkeliling sekitar lingkungan apartemen dan bertanya dengan penghuni lain ataupun orang-orang yang beraktifitas di sekitar.

2.       Bandingkan Harga

Saat melakukan survei, jangan malu untuk bertanya dengan pengembang mengenai harga dan fasilitas yang didapat. Informasi mengenai harga yang didapat tentu menjadi senjata utama dalam menentukan apartemen yang akan dibeli.

Eliminasi apartemen yang tidak sesuai dengan anggaran Anda. Bandingkan beberapa harga apartemen dan buat daftar dari fasilitas yang diberikan. Hal ini akan membantu Anda dalam memilih apartemen yang tepat.

3.       Cek Fasilitas yang Didapat

Setelah Anda mendapatkan beberapa apartemen yang masuk dalam dua kriteria sebelumnya, kini saatnya Anda mengecek fasilitas yang diberikan kepada penghuni apartemen. Anda dapat mengecek ketersediaan supermarket, rumah sakit terdekat, sekolah, kolam renang, gym, maupun fasilitas maintenance.

Anda dapat bertanya kepada pengembang dan juga mengecek langsung mengenai fasilitas ini. Sebuah apartemen yang memiliki lift yang sering bermasalah tentu akan mengganggu aktifitas Anda. Untuk itu, fasilitas-fasilitas ini cukup penting untuk dipertimbangkan.

4.       Informasi Biaya Tambahan

Harga cicilan perbulan tidak akan menjadi pengeluaran Anda satu-satunya saat membeli apartemen. Anda dapat bertanya dengan pengembang mengenai biaya tambahan yang dikenakan setiap bulannya. Biaya ini dapat berupa biaya parkir, keamanan, biaya perawatan gedung, kebersihan, biaya air dan listrik, pajak kota, pajak properti, dan internet.

Buat daftar dari biaya-biaya tambahan yang perlu Anda bayar setiap bulan. Dengan ini, Anda dapat membandingkan secara lebih detil antar apartemen yang menjadi incaran Anda.

5.       Keamanan dan Parkir Kendaraan

Selain biaya untuk parkir dan keamanan, Anda perlu bertanya kepada pihak pengembang mengenai tingkat keamanan dan ketersediaan lahan parkir di lingkungan apartemen. Apartemen yang memiliki lahan parkir sempit tentu akan mengganggu aktifitas Anda. Bayangkan jika Anda harus berkeliling lingkungan apartemen untuk memakirkan mobil Anda sehabis pulang dari kantor.

Anda juga dapat bertanya mengenai tingkat keamanan di apartemen tersebut dengan menanyakan berapa personel keamanan yang dimiliki dan tersedia untuk masing-masing lobby. Selain itu, apakah apartemen memiliki sistem keamanan untuk mengecek identitas tamu yang datang.

Sebagai tambahan, Anda dapat bertanya mengenai usia dari bangunan apartemen tersebut. Hal ini diperlukan sebagai pertimbangan keamanan. Sebuah apartemen yang tua dan rapuh tentu terkesan mengkhawatirkan.

Membeli apartemen memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Selain itu, Anda perlu menimbang antara kebutuhan dan keinginan, sehingga Anda dapat menemukan apartemen yang paling ideal untuk Anda. (RT)

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo