Tahu Kondominium? Ini Bedanya dengan Apartemen

image

Propertinews.id, Tangerang – Hunian vertikal kini menjadi sebuah solusi bagi mereka yang tinggal di tengah gemerlapnya kota metropolitan. Mungkin bagi sebagian orang, hunian vertikal hanya mengacu pada sebuah apartemen. Namun pada kenyatannya, hunian vertikal juga terdapat beberapa tipe lain, salah satunya kondominium.

Sebagai salah satu bentuk hunian vertikal, tentu tak sedikit orang masih bingung, apa sih sebenarnya kondominium? Lantas, apa sih bedanya kondominium dengan apartemen? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan kondominium

Konduminium berasal dari Bahasa Inggris, condominium. Kata ini terdiri dari dua suku kata, yaitu Con dan Dominium yang berarti sebuah kepemilikan. Jika diartikan lebih luas, kondominium sendiri lebih berhubungan langsung dengan sebuah kepemilikan bangunan atau hak guna bangunan.

Pemilik dari kondominium tidak memiliki tanah, atap, atau jalan atas nama pribadi, namun mereka memiliki hak untuk melakukan apapun terhadap kondominium milik mereka sendiri. Mereka juga berhak untuk menjual atau menyewakan kondiminium milik mereka.

Penjelasan Apartemen

Berbeda dengan kondominium yang lebih mengarah pada sebuah kepemilikan, apartemen lebih mengarah pada fisik bangunan yang kita tempati. Pemilik apartemen dapat menyewakan kepada orang lain, dan penyewa hanya memiliki hak untuk menempati.

Dalam perkembangannya, apartemen kini terbagi menjadi beberapa tipe, seperti tipe dua kamar, atau tipe studio yang hanya tersedia satu ruangan besar tanpa sekat.

Perbedaan Antara Kondominium dan Apartemen

Meski keduanya merupakan hunian vertikal, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar antara keduanya. Pada kondominium, biasanya terdiri dari dua atau tiga menara saja. Berbeda dengan apartemen yang bangunannya berbentuk sejajar dengan menara lainnya.

Pada intinya, apartemen berarti hunian vertikal yang disewakan untuk Anda. Sedangkan kondominium adalah hunian yang Anda miliki dan juga bisa dijual oleh masing-masing penghuninya. Anda memiliki unit Anda tersebut dan Anda akan bisa melakukan apa saja di hunian Anda tersebut.

Fasilitasnya pun berbeda. Biasanya, kondo menyediakan fasilitas mewah, seperti kolam renang yang luas, pusat kebugaran atau gym, spa, sauna, dan lain-lain. Sementara apartemen memiliki fasilitas terbatas. Kendati demikian, sekarang ini sudah banyak apartemen yang menawarkan fasilitas serupa.

Baca Juga : Ini Dia Keuntungan Jika Anda Beli Apartemen Dekat Stasiun LRT

Perbedaan Sistem Pengelolaan Kondominium dan Apartemen

Bagi Anda yang memiliki unit apartemen, tentu Anda perlu melakukan promosi agar unit Anda dapat disewakan kepada para penyewa. Berbeda dengan kondominium, di mana pengelolaan hunian ini pun dilakukan secara lebih profesional oleh pihak manajemen bangunan.

Perbedaan lainnya juga terlihat dari segi biaya perawatan. Pada umumnya, biaya bulanan apartemen meliputi keamanan, kebersihan air, biaya listrik, dan sebagainya terpisah dari harga beli atau sewanya.

Sedangkan pada kondominium, pemilik tidak lagi membayar biaya bulanan seperti biaya parkir atau fasilitas yang dimiliki bersama lainnya. atas alasan tersebut, kondominium biasanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan apartemen.

Kesimpulan

Kembali pada pembahasan awal, kedua bentuk hunian vertikal ini memiliki keunggulannya masing-masing. Perbedaan antara keduanyapun tidak begitu terlihat karena baik kondominium dan apartemen sama-sama menawarkan berbagai fasilitas berkelas.

Bukan hanya itu, kondominium dan apartemen juga sama-sama merupakan aset berharga untuk investasi. Keduanya memiliki potensi cerah sebagai investasi properti yang nilainya cenderung stabil, bahkan terus meningkat pesat. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo