Beberapa Hal yang Bisa Anda Lakukan Ketika Kunci Pintu Rumah Hilang

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pintu yang terkunci memberikan rasa aman dan tenang bagi pikiran Anda, tetapi juga dapat mengganggu ketika kuncinya tidak berfungi dengan benar atau bahkan kuncinya hilang. Sebelum Anda memutuskan untuk mendobrak pintu, lebih baik Anda mengetahui beberapa cara yang lebih baik untuk membuka pintu Anda ketika kuncinya hilang. Berikut ini kami sajikan tipsnya untuk Anda.

Menggunakan Media Kunci Ketok

Ketok lubang kunci adalah cara paling umum yang bisa digunakan untuk membuka pintu ketika kunci hilang. Selain metode yang mudah diterapkan, kuncinya juga mudah ditemukan dimana-mana. Bisa memesan di tukang kunci, beli di toko online, bahkan dapat membuat sendiri. Namun jika ingin membuatnya sendiri, butuh ketelitian dan perkakas yang lengkap.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kunci ke lubang tapi jangan terlalu dalam. Biarkan kunci hanya masuk setengah ke dalam lubang tersebut. Lalu, hantam kunci ketok dengan menggunakan palu karet atau benda serupa sekeras-kerasnya. Kalau sudah, kunci diputar dan akhirnya pintu pun bisa dibuka. Tapi, cara ini memang membutuhkan waktu yang sedikit lama agar kunci benar-benar bisa membuka pintu.

Gunakan Penjepit Kertas

Interior pintu perumahan, seperti yang ada di kamar mandi dan kamar tidur, mengunci privasi tetapi tidak benar-benar dibuat untuk tidak bisa dilewati. Sisi pintu yang tidak terkunci harus memiliki lubang kecil, kemungkinan di bagian depan kenop.

Di dalamnya ada tombol kecil yang perlu ditekan untuk membuka kunci pintu. Anda hanya perlu alat yang lurus dan kaku untuk membuka kunci. Coba penjepit kertas yang diluruskan atau obeng kecil. Dalam beberapa kasus, kunci akan mengharuskan Anda memasukkan alat dan pelintiran. Untuk itu, obeng akan sangat diperlukan, tetapi dalam keadaan darurat Anda mungkin dapat memukul ujung penjepit kertas itu.

Baca Juga : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kursi dan Sofa

Membuka Pintu Menggunakan Kunci L

Cara lainnya untuk membuka pintu yang kuncinya hilang adalah menggunakan kunci L. Kunci L ini diketahui dapat membuka benda yang terkunci dalam jumlah beragam. Tidak terkecuali dengan pintu yang terkunci. Namun yang perlu diketahui selanjutnya adalah bahwa pastikan dulu pintu yang akan dibuka dengan kunci L adalah pintu dengan kriteria yang tepat.

Kriteria pintu yang tepat adalah pintu yang memiliki gagang dengan keberadaan lubang kecil berbentuk bulat di tengahnya. Pintu jenis inilah yang kemudian mampu dibuka sementara menggunakan kunci L.

Pakai Kartu Kredit untuk Pintu Model Lama

Cara ini memang paling sederhana di antara yang lain. Hanya dengan mengandalkan kartu kredit atau sejenisnya, pintu sudah bisa terbuka. Namun metode ini hanya untuk pintu yang model lama saja. Jika pintu modern, trik ini tidak efektif karena sudah ada alat keamanan tertentu yang ditanamkan di dalamnya. Cara ini juga bisa dilakukan sendiri ketika kunci ketinggalan di dalam rumah.

Baca Juga : Tips Menjaga Perabotan Rumah yang Berwarna Putih

Tarik Bautnya dengan Gantungan Kawat

Jika mekanisme pengunciannya adalah latchbolt atau jenis baut yang memuat pegas dan memiliki satu ujung miring dan ujung miringnya menghadap ke arah Anda, Anda dapat mengaitkannya dengan gantungan kawat.

Pertama, tekuk gantungan sehingga menjadi pengait dengan pegangan yang panjang. Kemudian masukkan kait ke celah antara tepi pintu dan kusen. Tujuannya adalah untuk dapat menangkap kaitnya. Setelah gantungan berada pada posisi, pegang dengan satu tangan dan pegang gagang pintu dengan yang lain, berikan sedikit gaya putar ke arah kenop akan berputar jika tidak terkunci. Tarik gantungan ke arah Anda, dan ketika menarik kait, kenop harus berputar dan pintu harus terbuka. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo