Jenis – Jenis Plafon Rumah yang Harus Anda Ketahui

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ada banyak cara untuk mempercantik rumah. Salah satu nya degan memasang plafon. Plafon rumah merupakan bagian yang menutupi atas ruangan, atau juga biasa dikenal dengan sebutan langit-langit. Penggunaan plafon tidak harus sama dengan jenis atap rumah, karena material yang digunakan pun berbeda.

Jenis plafon rumah ada banyak sekali ragamnya. Jenis plafon yang beragam tersebut memudahkan para pengguna dalam menentukan pilihan terbaik yang disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan.

Plafon juga terdiri dari berbagai macam. Macam ini didasari oleh bahan penyusun plafon rumah. Mungkin yang paling populer dan diketahui oleh khalayak orang adalah plafon berbahan triplek. Namun, masih banyak jenis bahan lain yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama plafon. Ingin tahu? Berikut ini adalah jenis-jenis plafon rumah yang wajib anda ketahui.

Plafon Triplek

Plafon triplek memang merupakan salah satu material yang paling umum digunakan sebagai bahan plafon. Hal itu karena pemasangannya plafon triplek terbilang mudah. Triplek juga sangat mudah ditemukan dan harganya relatif murah.

Triplek yang layak digunakan untuk plafon yaitu memiliki ketebalan minimal 4mm. Seiring dengan makin mahalnya harga kayu, maka konsumen “dipaksa” membeli plafon dengan ketebalan 3 mm, bahkan tebal 2,5 mm pun telah banyak beredar. Sedangkan rangka plafon triplek adalah kayu kaso 4/6 atau 5/7.

Plafon Kayu Lambersing

Papan kayu lambersering merupakan kayu olahan yang dibentuk menjadi lembaran berukuran 1 X 9 cm dengan ketebalan 1 cm. Jenis kayu yang baik untuk diolah menjadi lambersering adalah kayu momala. Kayu momala tergolong kayu keras kelas 1, berbobot ringan dan bila terkena air tidak akan terjadi pembusukan.

Baca Juga : Cara Mendokasi Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Plafon kayu lambersering memiliki kelebihan dari sisi artistik, mengingat penampilan kayu memang menarik untuk diaplikasikan sebagai elemen dekoratif rumah. Finishing impra digunakan agar warna dan tekstur kayu lebih terlihat. Dari segi harga cukup mahal, sedangkan dari segi pemasangan sangat membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi demi mencapai akurasi yang tepat.

Plafon Gypsum

Jenis plafon gypsum adalah pilihan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat baik untuk pelengkap interior rumah modern ataupun rumah semi modern. Gypsum sebagai bahan plafon rumah banyak dipilih kareana kemudahan pengerjaan dan kemudahan untuk mendapatkannya dimanapun. Selain itu, plafon gypsum banyak dipilih karena harganya yang relatif lebih murah dengan material rangka yang bervariasi seperti kayu dan juga metal. Plafon gypsum juga memiliki kekurangan, yaitu tidak terlalu tahan air, dan bahan kurang tahan lama.

Plafon Asbes

Plafon asbes, dikenal dengan nama eternity, sudah menjadi material plafon sejuta rumah sejak dahulu. Bentuknya mirip triplek, terbuat dari gabungan enam mineral silikat alam. Kelebihannya yaitu berbobot ringan, pemasangan yang mudah dan cepat, harga murah, serta cukup tahan terhadap panas.

Kelemahan utamanya adalah berasal dari sifat bahan asbes itu sendiri. Partikel asbes yang sangat halus apabila terlepas ke udara dan terhirup oleh manusia dapat memicu beberapa penyakit membahayakan. Selain itu, plafon asbes kurang tahan terhadap benturan, sehingga mudah pecah.

Plafon PVC

Plafon PVC memiliki banyak keunggulan dibandingkan plafon dari gypsum, triplek, atau yang lainnya. Bahan plafon PVC lebih lentur, ringan, dan mampu bertahan selama puluhan tahun. Keawetan ini disebabkan karena kandungan Polymer Isosianat yang membuat plafon PVC tidak akan terurai atau busuk.

Baca Juga : Desain Rooftop yang Bikin Betah di Rumah

Yang tak kalah penting, material plafon PVC dapat tahan bocor serta bebas rayap. Hal ini karena material plafon PVC memiliki pori-pori yang sangat rapat. Dengan demikian, anda tak perlu was-was saat hujan tiba.

Itulah beberapa jenis plafon dan bentuk plafon rumah yang harus anda ketahui dan dapat anda gunakan. Ketika anda ingin memilih material plafon, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu karakteristik dari material tersebut. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo