5 Hal Penting Sebelum Jual Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menjual rumah bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda baru pertama kali menjual rumah. Banyak tahapan yang harus Anda lalui sebelum melakukannya. Belum lagi ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan calon pembeli untuk menentukan ketertarikannya.

Ada berapa langkah atau persiapan yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk menjual rumah. Apa sajakah itu? Berikut selengkapnya!

Pastikan Kembali Keputusan untuk Menjual Rumah

Hal pertama dimulai dari diri Anda seniri. Tingkatkan kepercayaan diri tentang keputusan penjualan rumah ini dan mulai prosesnya secepat mungkin. Menjual rumah bukanlah keputusan mudah. Ada banyak faktor yang bisa masuk ke diri Anda sebelum pada akhirnya benar-benar memutuskan untuk menjual rumah. Faktor besar seperti emosi dan memori, terkadang akan menyulitkan Anda. Tapi kembali lihat jangka pendek yang sudah disiapkan demi kebaikan orang di sekitar Anda termasuk keluarga.

Deskripsi yang Jelas dan Menyeluruh

Sebelum siap memberi gambaran tempat tinggal yang nyaman dan bersih, Anda tentu ingin memberi polesan pada setiap sudut rumah. Anda bisa meminta bantuan teman atau tetangga untuk mengoreksi kekurangan yang ada pada bangunan. Misalnya taman yang kurang rapi, atau warna cat yang mulai memudar. Setelah itu lakukan renovasi secepatnya sebelum siap memasarkannya ke pasar.

Riset Harga Pasar

Penting untuk mengetahui harga jual rumah di kawasan rumah Anda. Jika harga yang Anda tetapkan terlalu mahal, maka pembeli akan menganggap Anda tidak serius menjual rumah itu. Namun jika harganya terlalu rendah dari harga pasar, maka Anda akan mengalami kerugian.

Menggunakan Agen/Broker

Ketika Anda memilih agen properti untuk membantu penjualan rumah, temui langsung untuk berkonsultasi sekaligus melihat cara mereka ketika menawarkan rumah kepada kliennya. Pastikan mereka adalah agen yang aktif melakukan floow up kepada calon pembeli. Agen yang baik juga mestinya pandai melakukan negosiasi harga dengan calon pembeli. Anda bisa mewawancarai hingga tiga agen properti hingga menemukan yang pas dengan keinginan Anda.

Riset Tentang Regulasi

Ada berbagai regulasi yang berkaitan dengan proses menjual rumah. Jika Anda tidak menambah pengetahuan Anda tentang regulasi terkait jual beli rumah, maka Anda mungkin tidak akan tahu hak Anda sebagai penjual rumah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo