5 Tips Jitu Beli Rumah Pertama Agar Tidak Salah Pilih!

image

Propertinews.id, Tangerang – Memilih rumah pertama bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa menemukan hunian yang sesuai dengan keinginan dan nyaman jadi tempat tinggal para penghuninya. Terlebih untuk Anda yang baru pertama kali beli rumah.

Rumah pertama pasti selalu berkesan, untuk itu selalu pastikan rumah yang dipilih merupakan pilihan terbaik dari banyaknya pilihan yang ada yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Berbagai jenis rumah juga bisa jadi pilihan, mulai dari rumah bekas maupun rumah baru.

Untuk memudahkan Anda menemukan hunian ideal, Properti News membagikan 5 tips mudah yang bisa diterapkan ketika memilih hunian pertama agar tidak salah pilih rumah:

Sesuaikan Kebutuhan

Tips yang paling utama ketika membeli rumah pertama yaitu sudah harus tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan dari tempat tinggal Anda nanti. Hal yang perlu jadi pertimbangan yaitu jumlah kamar, jumlah ruangan, apakah akan ada renovasi di masa depan, dan seterusnya.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut bisa Anda jadikan panduan untuk memilih rumah yang tepat dan sesuai dengan keinginan bersama keluarga.

Lokasi Hunian

Faktor lain yang jadi penentu pembelian rumah yaitu lokasi hunian. Selalu pastikan Anda memilih lokasi yang strategis agar mudah kemana saja termasuk menjangkau fasilitas lainnya. Anda juga bisa memilih hunian yang ada di kawasan berkembang, karena wilayahnya berpotensi semakin ramai dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Hindari membeli rumah di kawasan yang sepi dan cenderung tidak berkembang karena akses menuju hunian akan lebih sulit dan fasilitas kebutuhan sehari-hari semakin sulit ditemukan. Hal ini tentunya bisa menyulitkan Anda kedepannya.

Lingkungan Sekitar

Ketika membeli rumah di sebuah kawasan, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan dan mencari tahu keadaan lingkungan di sekitarnya. Hal paling krusial yang perlu Anda ketahui yaitu apakah daerah tersebut bebas banjir ketika musim hujan atau aman dari tindakan kriminal seperti pencurian maupun tawuran.

Spesifikasi Bangunan

Kebanyakan orang cenderung lebih cuek soal spesifikasi bangunan, namun sebenarnya hal ini sangatlah penting untuk diketahui oleh Anda sebagai calon penghuni rumah. Anda perlu tahu bahwa batu bata lebih kokoh dibanding batako, lantai pelat beton lebih awet dibanding lantai yang hanya disemen, rangka atap baja juga lebih baik dibanding kuda-kuda kayu.

Selalu pastikan bahan bangunan yang digunakan membuat rumah Anda lebih aman untuk dihuni oleh keluarga.

Harga Hunian

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu harga hunian, baik untuk rumah baru maupun rumah bekas. Lakukanlah survey ke beberapa tempat dengan harga yang setara, lalu bandingkan dengan kondisi keuangan serta keunggulan dari masing-masing rumah tersebut.

Itu dia 5 tips efektif untuk menentukan pilihan rumah pertama yang akan Anda jadikan tempat tinggal bersama keluarga. Jangan lupa untuk selalu memeriksa setiap detailnya agar ketika rumah sudah bisa dihuni, Anda merasakan kenyamanan yang Anda butuhkan. (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo