Apakah Rumah Anda Baik untuk Dihuni? Simak Ciri-cirinya Berikut ini!

image

Propertinews.id, TangerangDewasa ini, gaya arsitektur dan konsep rumah sudah semakin bervariatif. Hal ini dikarenakan banyaknya arsitektur-arsitektur hebat yang mengkolaborasikan berbagai gaya rumah menjadi sebuah konsep baru.

Saat ini, bermacam konsep rumah bisa Anda terapkan, mulai dari Skandinavia, rustic, Bohemian, vintage, hingga gaya modern minimalis. Berbagai konsep ini memiliki keunggulannya masing-masing dan memiliki ciri khas yang tidak dimilki satu sama lain.

Kendati demikian, apakah rumah tersebut layak untuk dihuni atau tidak? Terlepas dari berbagai macam konsep rumah, terpenting adalah rumah tersebut layak untuk di huni. Seperti dikutip dari laman rolling-hills.id, terdapat beberapa ciri rumah yang layak untuk dihuni. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak Terbuat dari Bahan Berbahaya

Ciri-ciri rumah yang baik untuk dihuni adalah rumah yang tidak terbuat dari bahan berbahaya. Maksudnya, bahan pembuatan rumah yang dapat melepaskan zat-zat berbahaya bagi kesehatan yang dapat membahayakan.

Rumah yang baik terbuat dari bahan-bahan seperti berikut:

·         Mengandung timah hitam tidak lebih dari 300 mg/kg

·         Debu total tidak lebih dari 150 cm3

·         Asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4 jam. 

2. Tidak Ada Genangan Air

Perhatikan sekeliling rumah Anda, terdapat genangan air atau tidak. Jika ya, maka secepat mungkin Anda harus menanganinya agar tidak menjadi sarang nyamuk demam berdarah dan malaria.

Bila Anda terpaksa untuk membuat genangan air, Anda bisa memelihara ikan  untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, atau cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu menguras air tersebut secara rutin.

3. Kamar Tidur Tidak Kedap Cahaya

Pernah merasa tubuh Anda kurang baik ketika bangun tidur? Mungkin salah satu penyebabnya yaitu kamar tidur yang tidak memiliki akses untuk cahaya matahari masuk ke dalam. Kurangnya asupan cahaya matahari dapat menyebabkan gangguan konsentrasi.

Pastikan cahaya matahari masuk ke dalam kamar pada pagi atau siang hari. Dengan begitu, dapat membantu melancarkan kinerja otak serta metabolisme tubuh. 

4. Berventilasi

Pastikan Anda membuat ventilasi udara di setiap ruangan, seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang keluarga, kamar tidur, bahkan gudang harus memiliki ventilasi. 

Rumah yang baik setidaknya memiliki ventilasi 10 persen dari total luas lantai pada masing-masing ruangan. Dengan begitu, udara yang masuk silih berganti sehingga kesan sejuk dan nyaman selalu Anda dapatkan.

5. Bebas dari Tikus

Sebagus apapun dan semahal apapun rumah, akan terkesan sia-sia jika banyak tikus di dalamnya. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan dari hewan pengerat satu ini. Jadi, pastikan saluran pembuangan air tidak boleh tersumbat dan menimbulkan bau.

Selain itu, pastikan secara rutin untuk mengganti atau mencuci spons cuci piring dan kain lap karena di situlah sumber penyakit berasal. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo