Beli Rumah Inden atau Ready Stock, Mana yang Lebih Baik?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ketika Anda datang ke pameran properti dengan niat untuk membeli sebuah rumah, Anda pasti akan dihadapi dengan dua situasi, yakni rumah inden alias rumah yang dipesan terlebih dahulu atau rumah ready stock alias rumah sudah tersedia. Jika Anda sudah dihadapi oleh dua situasi tersebut, wajar saja jika Anda bingung.

Nah sebenarnya lebih baik mana membeli rumah inden atau ready stock? Sebelum memutuskan untuk memilih, Anda mesti mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari inden maupun ready stock. Berikut ini kami berikan rinciannya.

Rumah Inden

Kelebihan :

-       Harga rumah inden relatif lebih murah jika dibandingakan dengan rumah jadi. Besar dan kecilnya perbedaan tergantung dari lokasi rumah tersebut.

-       Kondiri rumah 100% baru. Selesai pembangunan, pembeli akan menikmati rumah yang benar-benar masih baru.

-       Bisa mengajukan permintaan khusus ke pengembang, misal bentuk rumah yang tidak sama dengan bentuk rumah lainnya. Namun untuk permintaan khusus ini biasanya Anda akan dikenakan tarif khusus dari pihak pengembang.

-       Lebih leluasa dalam mengatur tata letak dan posisi rumah karena memang baru akan dibangun.

Kekurangan :

-       Anda perlu menunggu proses pembangunan hingga selesai. Soal waktu terkadang bisa tidak terlalu sama dengan yang sudah dijadwalkan.

-       Model rumah beda dengan yang di brosur. Perbedaan desain dan model ini masuk sebagai salah satu risiko membeli rumah inden. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan detail rencana bangunan sebelum membeli.

-       Menanggung risiko lain jika pengembang terkena masalah hingga akhirnya rumah tidak jadi dibangun.

Rumah Ready Stock

Kelebihan :

-       Rumah bisa langsung ditempati karena sudah jadi, tidak ada lagi fase menunggu pembangunan selesai.

-       Rumah telah dilengkapi dengan berbagai dokumen seperti IMB dan sertifikat tanah. Dengan begini, Anda akan lebih tenang soal kelengkapan dokumen rumah yang dibeli.

-       Lingkungan sekitar rumah yang biasanya sudah matang. Artinya, fasilitas seperti jalan atau lainnya sudah cukup memadai.

-       Anda dapat melihat kualitas rumah secara langsung.

Kekurangan :

-       Tidak bisa leluasa dalam memilih posisi rumah. Karena konsep dan posisi rumah ready stock ini telah ditentukan oleh pengembang.

-       Standar harga yang cukup tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan rumah inden.

-       Harus siap risiko rumah rusak. Hal ini bisa terjadi karena rumah yang sudah dibangun sejak lama di lokasi tersebut namun belum juga ditempati.

Nah itu dia tadi perbandingan antara membeli rumah inden atau ready stock. Mana yang lebih baik, adalah tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa melakukan pertimbangan melalui hal – hal di atas. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo