Beli Rumah saat Pandemi? Ini Hal-Hal yang Harus Anda Pertimbangkan!

image

Propertinews.id, Tangerang – Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak buruk dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang ekonomi. Hal tersebut membuat banyak sektor mengalami penurunan harga, tidak terkecuali dalam bidang properti. Daya jual-beli properti seperti rumah maupun apartemen mengalami penurunan yang cukup signifikan. Lantas, apakah masa pandemi ini adalah kesempatan yang bagus untuk membeli rumah?

Rumah dan apartemen merupakan jenis investasi yang menjanjikan karena bersifat jangka panjang. Namun, dengan banyaknya penawaran yang menggiurkan dari banyak sektor, Anda perlu hati-hati dalam membeli rumah saat pandemi. Berikut hal-hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah di masa pandemi.

 

Perhatikan Kondisi Keuangan Anda

Jika dirasa kondisi keuangan Anda masih stabil semasa pandemi bahkan memiliki dana darurat yang cukup, maka tidak ada salahnya Anda berinvestasi rumah atau apartemen. Penurunan harga rumah dan apartemen di masa pandemi menjadi momen yang tepat bagi Anda. Bahkan mungkin bisa menguntungkan Anda di masa mendatang.

 

Pertimbangkan Tujuan Membeli Rumah

Setelah merasa yakin akan kondisi keuangan, Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan Anda untuk membeli rumah. Anda bisa memilih rumah yang sesuai dengan selera Anda jika tujuannya untuk dihuni sendiri. Namun, kalau tujuan Anda membeli rumah adalah untuk berinvestasi, maka Anda perlu memperhatikan lebih lanjut mengenai aspek, lingkungan, serta fasilitas dari rumah yang akan Anda beli agar mudah mendapatkan penyewa.

 

Jika keputusan Anda untuk membeli rumah di masa pandemi sudah bulat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami kerugian. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam membeli rumah di masa pandemi.

 

  1. Pilih platform dan pengembang yang terpercaya

Di masa pandemi ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan keadaan untuk melakukan penipuan. Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati jika memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen. 

 

Anda bisa membeli rumah secara online di beberapa platform jual beli rumah yang terpercaya. Selain itu, pilih pengembang properti yang terdaftar dalam Sistem Registrasi Pengembang (Sireng) Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) agar terhindar dari penipuan.

 

  1. Pertimbangkan promo yang ditawarkan

Jika Anda berniat untuk mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Anda harus mengecek suku bunga KPR yang ditawarkan tiap bank. Dengan memperhatikan bunga pinjaman, Anda dapat diuntungkan saat membeli rumah di masa pandemi ini.

 

Selain itu, Anda perlu mengecek promo yang ditawarkan pengembang seperti potongan DP, diskon, bonus, maupun hadiah yang akan Anda dapatkan setelah membeli rumah.

 

  1. Pertimbangkan aspek serta fasilitas rumah yang ditawarkan

Anda perlu memperhatikan wilayah serta kondisi keadaan rumah yang akan Anda beli. Tidak hanya terpaku pada tipe atau desain rumah, tetapi juga fasilitas lain seperti lokasinya yang strategis, dekat dengan fasilitas umum seperti tol, bAndara, stasiun, terminal, sekolah, dan pusat perbelanjaan.

 

Teliti kembali aspek serta fasilitas rumah yang akan Anda beli. Anda bisa bertanya kepada pengembang mengenai aspek dan fasilitas secara detail. Dengan begitu Anda tidak akan salah pilih rumah. Pilihlah rumah dengan lingkungan yang prospektif dan nyaman untuk ditinggali.

 

  1. Waspada terhadap penipuan

Agar terhindar dari penipuan, Anda harus teliti dalam memilih pengembang yang terpercaya. Jangan asal menyetujui kontrak apapun jika dirasa masih ada yang kurang jelas. Jangan pula mudah tergiur oleh promo ataupun penawaran menarik yang ditawarkan. Anda bisa melakukan kunjungan lapangan untuk mengecek langsung kondisi rumah yang ditawarkan. (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo