Berikut Cara Pintar Renovasi Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Memiliki hunian nyaman tentu merupakan dambaan bagi setiap orang. Arti nyaman di sini tak hanya berpaku pada kemewahan saja, tapi sesuai dengan apa yang diharapkan.

Namun sekarang ini, impian untuk memiliki rumah nyaman sulit diwujudkan. Sebab, sulitnya lahan memaksa kita untuk membeli rumah dari developer. Seperti yang kita ketahui, membeli rumah di perumahan tentu memiliki ukuran, bentuk, dan karakteristik yang sama setiap unitnya.

Belum tentu rumah terseut membuat kita nyaman untuk tinggal. Jika kondisinya seperti itu, maka renovasi rumah bisa menjadi pilihan Anda. Namun merenovasi rumah bukankah hal uang mudah.

Terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan, terutama soal biaya. Jika tidak ada rencana matang di awal, maka biaya renovasi bisa membengkak. Lantas, bagaimana cara agar biaya renovasi rumah tidak membengkak? Berikut tips pintar dalam merenovasi rumah.

1.       Tentukan Konsep Secara Matang

Pada tahp ini, Anda harus menentukan, bagian apa saja yang ingin direnovasi dan konsep apa yang ingin Anda terapkan. Pilah-pilah, mana material yang akan digunakan kembali atau masih layak untuk digunakan.

Dengan begitu, Anda bisa menekan biaya renovasi rumah karena beberapa bahan menggunakan material yang lama. Tak hanya itu, dengan mengetahui konsep apa yang ingin diterapkan, maka tukang bisa mengerjakan semuanya dengan cepat.

2.       Pilih Bahan Bangunan dengan Baik

Jika Anda hanya memiliki dana terbatas dalam merenovasi rumah, maka carilah bahan material yang lebih murah dengan kualitas menengah. Dalam proses renovasi, bahan material merupakan biaya pengeluaran yang paling besar.

Namun dalam prakteknya, ada harga, sudah pasti ada kualitas.    Jadi Ketika Anda hanya memiliki biaya minim, maka sebaiknya Anda memilih material yang murah dengan kualitas menengah agar pengeluaran tidak membengkak.

3.       Tentukan Cara Pembayaran Tukang

Satu lagi yang tak kalah penting dalam merenovasi rumah, yakni menentukan cara pembayaran tukang. Dalam prakteknya, pembayaran tukang dibagi menjadi dua jenis, yakni borongan dan harian.

Jika Anda sudah yakin dengan konsep apa yang akan direnovasi, maka lebih baik Anda memilih sistem borongan. Sebaliknya, jika konsep renovai masih belum jelas, Anda dapat membayar tukang secara harian. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo