Cara Beli Rumah dengan Gaji Rp5 Juta per Bulan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Siapa yang tak mau memiliki rumah sendiri? Setiap orang pasti menginginkan untuk memiliki rumah atas nama mereka sendiri. Namun untuk mendapatkannya tidak mudah, terlebih jika pendapatan yang diterima terbilang pas-pasan.

Meski terkesan sulit, bukan berarti tidak bisa untuk membeli rumah bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan. Gaji Rp 5 juta perbulan ternyata bisa mewujudkan mimpi memiliki rumah impian. Pada dasarnya, membeli sebuah rumah harus disesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki.

Kendati hanya bergaji Rp 5 juta perbulan, tetap bisa membeli rumah namun dengan sedikit catatan, yakni tidak bisa memilih untuk memiliki rumah di lokasi strategis atau tak sesuai dengan harapan.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa memiliki rumah dengan gaji pas-pasan, yaitu melihat besaran cicilan atau KPR. Dengan penghasilan Rp 5 juta per bulan, maka cicilan maksimal yang bisa diajukan ialah sekitar Rp 2 jutaan atau 40% dari gaji. Dengan cicilan sebesar 2 juta, masih memungkinkan untuk mendapatkan rumah seharga 100 jutaan.

Terlebih jika masih di usia muda, bisa ambil jangka waktu panjang untuk membayar cicilan, seperti 20-25 tahun ke depan.

Sementara, untuk uang muka atau DP bisa dicicil bila pembeli masih merasa keberatan dengan besarnya angka tersebut. Calon pembeli harus pintar-pintar berburu rumah yang menawarkan cicilan DP ringan. Sekarang ini, banyak agen properti yang menawarkan opsi angsuran untuk membayar DP. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo