Gaji Kecil Tapi Ingin Punya Rumah Sendiri? Begini Tipsnya!

image

Tangerang – Setiap orang pasti memiliki impian untuk bisa memiliki rumah atau hunian sendiri. Namun, gaji yang tidak seberapa atau terbilang kecil, membuat impian tersebut harus tertunda.

Bagi anda yang memiliki gaji kecil namun ingin memiliki rumah sendiri, jangan khawatir. Karena sebenarnya anda bisa mewujudkan impian tersebut. Ada tips dan langkah yang bisa dilakukan untuk dapat mengalokasikan gaji bulanan dengan baik agar nantinya bisa mencicil rumah dengan aman dan tidak memberatkan. Penasaran seperti apa? Berikut ini kami berikan artikelnya untuk anda.

Menabung Saat Awal Gajian

Menabung menjadi hal paling dasar dan paling penting jika anda ingin memiliki rumah sendiri. Tujuan menabung ini, agar beban angsuran tidak terlalu memberatkan karena membayar uang muka yang besar.

Menabung di awal bulan saat menerima gajian adalah pilihan yang tepat sehingga tabungan tetap utuh. Menabung ini juga dapat memberi prediksi dan perkiraan berapa lama harus menabung untuk mendapatkan nilai tertentu.

Cobalah Mulai Berinvestasi

Investasi juga sangat membantu bagi anda yang ingin membeli rumah dengan gaji kecil. Anda dapat memulai dari yang kecil dan mudah, misalnya investasi reksadana atau emas.

Pemilihan Lokasi Rumah

Pilihlah lokasi rumah yang harganya bisa dijangkau dengan pendapatan dan tabungan anda. Sebab, meski uang DP sudah terbayar, namun selanjunya cicilan rumah menanti. Hitung cicilan bulanan yang sesuai dengan pendapatan. Selain itu, agar lebih berhemat pilihlah rumah yang dekat dengan fasilitas transportasi umum seperti terminal dan stasiun.

Cari Kredit dengan Bunga Ringan

Hal ini bisa digunakan untuk membayar DP rumah. Anda dapat memanfaatkan program KPR dari bank yang memberikan bunga rendah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan besaran pinjaman. Sebaiknya, tidak lebih dari 30% dari jumlah penghasilan. Sehingga anda tidak terbebani saat membayar cicilan bulanan.

Menghitung Jangka Waktu

KPR ada yang diberikan paling cepat adalah 10 tahun dan paling lama adalah 25 tahun. Agar tidak terlalu lama mencicil rumah dikarenakan semakin lama kebutuhan juga akan meningkat, anda harus mengambil jangka waktu KPR antara 10 tahun sampai dengan 15 tahun lamanya. Perhatikan beberapa jumlah cicilan yang bisa anda bayar setiap bulannya. Untuk bisa mengetahui kemampuan anda dalam membayar cicilan adalah anda bisa mengurangi pengeluaran tetap anda setiap bulannya.

Pilihlah Bank Terpercaya

Apabila anda ingin mengajukan kredit, maka jangan sembarangan memilih bank. Anda juga harus mempertimbangkan kredibilitas bank mana yang menjadi pengajuan. Banyak bank yang menawarkan bunga pembayaran kecil, namun tetap tidak boleh mudah tergiur karena dikhawatirkan terjadi sengketa atau tindak kejahatan. Lebih aman dan baiknya pilih bank yang memang sudah memiliki nama populer meskipun bunganya agak tinggi. Namun yang terpenting proses pengajuannya mudan dan dapat dilayanani dengan profesional. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo