Ingin Ajukan KPR Tapi Masih Pekerja Kontrak? Ini Dia Tips Jitu nya Agar Disetujui

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk sebagian orang, upaya memiliki sebuah rumah mungkin bukanlah masalah yang besar dan sulit untuk mereka hadapi, di mana kemampuan ekonomi mereka memang cukup untuk hal tersebut. Penghasilan seseorang akan sangat mempengaruhi kemampuanya untuk memiliki berbagai aset, termasuk rumah sekalipun.

Namun bagi yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli rumah secara tunai, pilihan dengan memanfaatkan KPR juga bisa diandalkan. Hal ini bahkan dianggap sebagai solusi yang tepat.

Namun, mengajukan KPR bagi pekerja kontrak memang relatif lebih sulit. Pasalnya, status pekerjaan memang sangat penting untuk mendapatkan pinjaman kredit dari bank.

Status karyawan kontrak atau pegawai tidak tetap biasanya membuat bank sedikit ragu memberikan pinjaman, karena khawatir sang debitur mengalami gagal bayar atau kredit macet. Namun jangan cepat menyerah untuk mendapatkan rumah impian. Kami memiliki beberapa tips untuk Anda pekerja kontrak agar pengajuan KPR disetujui.

Rasio Pendapatan di Atas Cicilan

Pastikan bahwa pendapatan Anda harus lebih besar dari nilai cicilan rumah yang dibeli. Mengapa demikian? Sebab bank akan menghitung rasio pendapatan Anda terhadap cicilan rumah. Jika rasio pendapatan lebih besar dari cicilan, maka bank akan mempertimbangkan untuk menerima permohonan KPR Anda. Karena itu, meski Anda masih pekerja kontrak, perbesar rasio pendapatan Anda agar bank tidak menolak ketika mengajukan KPR.

Riwayat Kredit yang Bersih

Hal ini juga menjadi yang harus diperhatikan oleh seorang pemohon KPR, sebab semua bank akan menolak aplikasi KPR dari seseorang yang memiliki riwayat kredit yang buruk. Sistem Informassi Debitur (SID) yang dijalankan oleh Bank Indonesia, akan mencatat seluruhriwayat kredit para nasabah bank. Artinya, berbagai hutang dan juga masalah perbankan pemohon selama ini akan dengan mudah dilihat melalui SID yang bersangkutan.

Menyiapkan Uang Muka

Uang muka adalah salah satu syarat yang harus saat mengajukan pinjaman KPR. Uang muka yang diajukan akan dilihat oleh pihak bank untuk menilai seberapa meyakinkan Anda. Jika jumlahnya tidak meyakinkan, maka bank bisa saja menolak pengajuan Anda. Apalagi status sebagai karyawan kontrak menentukan persetujuan bank menerika pengajuan KPR Anda.

Siapkan uang muka yang cukup, bahkan kalau memungkinkan siapkan uang muka lebih dari jumlah minimal yang diminta untuk meyakinkan bank menerima KPR yang Anda ajukan.

Memilih Rumah yang Tepat dan Sesuai

Dalam pengajuan KPR Anda, pilihlah rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat pengajuan. Jangan memilih rumah yang sekedar cocok dengan selera Anda, namun tidak cocok dengan kondisi keuangan Anda.

Pemilihan rumah ini akan berpengaruh pada persetujuan bank memerima KPR Anda. Pilihlah rumah yang sesuai dengan perhitungan finansial Anda.

Apalagi jangka waktu pembayaran akan ditempuh dalam bertahun-tahun lamanya. Bisa jadi nantinya Anda stres karena idak bisa membayar tanggungan Anda. Perhitungan ini sangat penting sekali bagi keberlangsungan finansial Anda.

Perbesar Tabungan dan Investasi

Agar permohonan Anda disetujui bank ketika mengajukan KPR, Anda harus pandai meyakinkan analis bahwa Anda bisa membayar hingga akhir. Caranya, tingkatkan jumlah tabungan dan onvestasi demi menambah keyakinan bank bahwa Anda memang mampu secara finansial, meski status pekerjaan belum tetap. Perbesar juga tabungan dengan mengurangi biaya tidak perlu.

Misalnya jika Anda hanya menabung Rp1,5 juta sebulan, Anda bisa meningkatkan tabungan menjadi Rp2,5 juta dengan memangkas anggaran tidak perlu. Jika tidak mau ditabung, alihkan 20% dari penghasilan ke investasi lain, seperti emas, reksadana atau deposito.

Dengan memiliki tabungan plus investasi serta tidak memiliki utang, maka kondisi finansial Anda akan sangat sehat sehingga tak ada alasan bagi bank untuk tak menyetujui permohonan KPR Anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo