Ingin Bangun Hunian di Lahan Sempit? Simak 5 Trik Berikut Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pilihan selain membeli rumah dari developer adalah membuat atau membangun sendiri rumah idaman Anda. Namun, hal ini sering kali terkendala pada lahan yang terbatas, apalagi jika Anda berniat membangun hunian di kota-kota besar seperti di Jakarta. Tapi, bukan hal yang tidak mungkin untuk membangun hunian di lahan terbatas. Tentu saja Anda harus menyediakan berbagai hal serta desain yang cocok agar hunian tersebut tetap terasa lega. Nah jika Anda berniat untuk membangun sebuah hunian di lahan yang terbatas, berikut beberapa trik yang bisa Anda simak.

Program Ruang yang Efisien

Pertama-tama Anda harus memikirkan ruang apa saja yang dibutuhkan dan buatlah menjadi se-efisien mungkin. Pastikan ruang tersebut adalah ruang yang memang esensial Anda butuhkan. Contohnya, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Hindari ruangan-ruangan yang dirasa tidak dibutuhkan. Misalnya, apabila Anda jarang menerima tamu, maka hilangkan ruang tamu dari program ruang Anda. Anda bisa menerima tamu yang sesekali datang itu di ruang keluarga.

Desain Langit-Langit yang Tinggi

Memberikan jarak lantai dengan langit-langit cukup jauh dapat memberikan kesan yang lebih lapang dan tidak sempit, sirkulasi udara pun dapat berputar secara maksimal. Hindari langit-langit yang rendah dan pemberian ornamen yang berlebih pada langit-langit karena hanya akan membuat ruangan Anda terasa penuh.

Manfaatkan Jendela

Lupakan desain bangunan yang rumit dengan atap zig-zag, atau rumah dengan garasi yang memiliki akses ke ruang bawah tanah. Mulailah untuk menghindari hal rumit sehingga Anda bisa membuat ruangan di dalam rumah yang kecil tanpa terasa lebih luas. Bangunan kotak misalnya, adalah bentuk yang paling sederhana dan paling terjangkau untuk dibangun. Anda bisa memanfaatkan lahan untuk banyak ruangan dan fungsi dengan mudah bila bangunan berbentuk kotak. Meski terlihat sederhana, pastikan bangunan kotak Anda memiliki unsur alam yang menonjol, seperti memiliki kerangka kayu untuk jendela rumah yang dibuat lebar, atau pintu rumah yang dibuat dari kayu. Lalu jangan lupa pula menambahkan warna hijau dari pohon, tanaman, atau taman vertikal.

Ruang-Ruang Setengah Lantai atau Split Level

Menyiasati dengan desain rumah split level juga dapat menjadi solusi. Sehingga rumah akan bertumbuh secara vertikal secara maksimal. Anda bisa memanfaatkan lebih banyak lahan untuk menciptakan ruang-ruang yang dibutuhkan.

Permainan Cahaya di Rumah Kecil

Kuncinya adalah membuat jendea besar, terutama di bagian depan rumah, kantor atau di area ruang favorit agar cahaya dapat masuk. Cahaya yang masuk memberi kesan lapang yang menyatu. Selain itu, banyaknya cahaya membuat penghuni rumah tidak merasa terkurung, relaks dan merasa menyatu dengan alam. Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan area di depan jendela sebagai ruang hijau, baik itu pohon, taman, maupun tatanan pot di bawah jendela. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo