Ingin Beli Rumah dengan Sistem KPR? Ketahui Dulu Jenis – Jenis Bunganya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Membeli rumah dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi pilihan banyak masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan membeli rumah secara tunai masih dirasa terlalu mahal karna harga rumah yang kian meningkat setiap tahunnya.

KPR sendiri adalah produk pinjaman yang diberikan kepada pembeli rumah dengan menggunakan rencana pembiayaan, dengan jumlah pinjaman hingga persentase tertentu dari harga rumah.

Membeli rumah secara kredit tentu saja akan dikenakan bunga. Sebelum Anda memilih untuk membeli rumah dengan sistem KPR, maka Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu jenis-jenis bunganya sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kredit macet nantinya.

Jenis Suku Bunga Flat

Suku bunga tetap (flat) adalah perhitungan suku bunga yang paling umum digunakan untuk beberapa produk pinjaman. Jumlah angsuran bulanan sana, dan pembayaran pokok sama. Karena bunga dihitung dengan mengalikan bunga dengan persentase pokok pinjaman awal, nilai bunga bulanan akan tetap sama sehingga total pokok bulanan ditambah bunga akan sama. Prinsip perhitungan bunga tetap adalah bahwa angsuran pokok dan bulanan ditetapkan.

Jenis Suku Bunga Efektif

Suku bunga ini dapat dibilang bisa meringankan debitur atau pembeli dalam membayarkan bunga KPR. Bunga KPR yang dibayarkan akan disesuaikan dengan uttang pokok kredit bulan sebelumnya. Sebagai contoh, Anda sebagai debitur harus membayar angsuran kredit/utang pokok tiap bulannya 1 juta dari total utang 36 juta. Pada bulan kedua, bunga kreedit yang wajib Anda bayarkan adalah 10 persen dari sisa utang pokok yang Anda miliki, yaitu 10 persen dari 35 juta. Dengan demikian, suku bunga KPR yang akan dibayarkan semakin kecil jumlahnya seiring makin kecil beban/utang KPR yang Anda miliki.

Jenis Suku Bunga Anuitas

Suku bunga anuitas pada dasarnya sama dengan perhitungan tingkat bunga aktual. Perbedaannya adalah bahwa sebelum akhir periode pinjaman, jumlah total angsuran bulanan selalu sama, perbedaannya adalah komposisi angsuran pokok dan nilai bunga bulanan. Bunga efektif yang tersisa adalah jumlah angsuran pokok bulanan, dan suku bunga bulanan akan menurun. Pertama dihitung dengan menggunakan rumus untuk menghitung jumlah total pembayaran angsuran dan bunga bulanan. Angusran pokok dicapai dengan mengurangi total angsuran suku bunga bulanan. Hampir sama dengan bunga aktual, metode ini juga dianggap lebih adil daripada menghitung bunga tetap karena bunga dibayarkan berdasarkan sisa pokok pinjaman. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo