Ingin Beli Rumah Pertama? Simak Tips Ini Agar Tak Salah Langkah!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki rumah pribadi adalah impian semua orang. Apalagi jika sebelumnya belum memiliki rumah sama sekali. Namun membeli rumah untuk yang pertama kali bukan perkara mudah. Mengingat budget yang perlu dikeluarkan cukup besar, dengan banyaknya syarat yang diperlukan. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah pertama kali, Anda harus tahu dulu tips-tips nya agar tak salah langkah dan merugi di kemudian hari.

Berikut ini kami berikan tips yang barang kali bisa menuntun Anda untuk membeli rumah pertama kali.

Rencanakan Budget

Membeli hunian memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan terlebih dahulu budget maupun batas kemampuan bayar dari rumah yang dibeli. Hal ini bertujuan agar keputusan membeli rumah tidak menjadi beban bagi kondisi finansial Anda dalam memenuhi kebutuhan pokok lainnya.

Tentuka pula harga rumah yang ingin dibeli. Dengan sudah menentukan budget kemampuan Anda, maka Anda bisa mulai mencari tipe rumah sesuai dengan finansial yang telah direncanakan sebelumnya.

Menentukan Cara Pembelian Rumah

Setelah Anda mengetahui rencana budget untuk pembelian rumah, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan cara pembelian rumah tersebut. Apakah Anda akan membeli rumah tersebut secara tunai atau melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Agar tidak salah pilih, Anda harus mempertimbangkan keduanya.

Pembelian secara tunai lebih baik dilakukan ketika dana benar-benar sudah sesuai dengan harga rumah. Berbeda dengan pembelian secara kredit, opsi ini bisa diambil ketika dana yang terkumpul ternyata belum sesuai dengan harga rumah yang dipilih. Oleh karena itu, Anda bisa mengangsur pembelian rumah yaitu harga pokok ditambah biaya kredit.

Pilih Pengembang Properti atau Developer Terpercaya

Mengetaui siapa pengembang atau developer dari hunian yang akan dibeli adalah hal yang sangat penting. Pastikan pihak pengembang yang dipilih merupakan pihak terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik dalam dunia properti. Hal ini bisa dengan menggali informasi seputar track record project sebelumnya dari pengembang. Apakah mereka memiliki masalah atau terdapat kejanggalan pada proyek hunian yang sudah dibangun. Bila tidak ada masalah, maka Anda dapat memilik produk dari pengembang tersebut.

Menentukan Lokasi Hunian

Lokasi menjadi sangat penting untuk ditentukan sejak awal ketika ingin membeli rumah. Anda harus melihat langsung lokasi rumah yang akan dibeli. Pilihlah rumah yang berada di lokasi strategis dengan akses yang mudah ke jalan raya dan fasilitas umum lainnya. Dengan akses yang mudah, segala aktivitas Anda nantinya akan berjalan dengan lancar.

Pastikan Tidak Ada Kredit Macet

Jika Anda memilih membeli rumah dengan sistem kredit, maka pastikan terebih dahulu bahwa Anda tidak memiliki kredit yang macet pembayarannya. Apabila seseorang memiliki kredit yang macet, maka akan lebih sulit mendapatkan approval pinjaman KPR dari bank. Hal ini terjadi karena pihak bank mempertimbangkan jumlah hutang maupun cicilan yang berjalan dengan pendapatan Anda tiap bulannya, dan juga track record kredit macet jika Anda pernah mengalami sebelumnya.

Nah itu dia tadi tips – tips yang bisa Anda ikuti sebelum memutuskan untuk membeli rumah pertama kali. Semoga membantu. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo