Ingin Beli Rumah Tapi Dana Pas – Pasan? Lihat 5 Tips Ini!

image

PropertiNews.idMemiliki rumah pribadi adalah impian dari kebanyakan orang. Bisa berlindung dan beristirahat di tempat yang nyaman setelah seharian beraktivitas jadi impian yang membanggakan. Namun keinginan beli rumah sendiri terkadang harus terkendala dengan budget atau dana yang pas-pasan.

Anda tak perlu khawatir, karena walaupun anda memiliki dana yang pas-pasan, anda tetap bisa memiliki rumah pribadi. Berikut kami berikan tips membeli rumah hanya untuk anda.

Melihat Lokasi yang Tepat

Hal pertama kali yang harus diperhatikan ketika anda akan membeli rumah adalah masalah pemilihan lokasi tempat tinggal. Tentunya akan ada banyak faktor yang menjadi pendorong seseorang untuk memilih lokasi sebuah rumah, salah satunya adalah jarak antara tempat tinggal dengan tempat bekerja atau sekolah yang dekat.

Jangan Membeli Rumah di Pusat Kota

Harga rumah di pusat kota cenderung lebih mahal. Jangankan untuk rumah, harga tanahnya saja sudah mahal, bahkan lebih mahal daripada rumah itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya jika anda ingin membeli rumah, carilah rumah yang lokasinya tidak berada di pusat kota melainkan di daerah penyangga atau pinggiran kota.

Baca Juga : Rumah Kontainer Akan Menjadi Hunian Hemat di Masa Depan

Contohnya, jika anda bekerja di Jakarta, maka anda bisa memiliki alternatif untuk membeli rumah di daerah pinggiran antara lain Tangerang, Bekasi, Depok, dan lainnya. Selain harga rumah yang tidak terlalu mahal, tentunya daerah tersebut masih tergolong tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Sisihkan 30 Persen Pendapatan Untuk Membeli Rumah

Cara tepat lainnya untuk bisa membeli rumah dengan dana pas-pasan adalah menabung. Anda bisa menyisihkan pendapatan dengan nominal konsisten setiap bulannya. Tips menabung untuk beli rumah dapat diaplikasikan dengan mengalokasikan 70 persen untuk belanja kebutuhan sehari-hari  seperti transportasi, uang makan, dan komunikasi. Sedangkan 30 persen lagi anda tabung untuk membeli rumah impian.

Mencari Rumah Murah di Expo atau Pameran Rumah Rakyat

Biasanya pameran-pameran ini selalu diserbu oleh pengunjung. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Selain memang harga rumahnya yang terbilang murah karena diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah, dalam pameran ini juga terkadang memberikan diskon yang cukup membuat calon pembeli tergiur untuk langsung membeli rumah saat itu juga.

Untuk itu anda perlu rajin-rajin browsing di internet untuk memastikan kapan pameran seperti ini diadakan. Atau anda juga bisa melihat pengumuman lainnya di media cetak dan elektronik.

Menyediakan Dana Cadangan

Membeli rumah adalah sebuah langkah investasi yang sangat besar, sehingga menyiapkan dana dalam jumlah besar adalah keharusan. Namun jangan menyiapkan nominal yang pasti, sebab anda harus siap dengan kondisi darurat yang mungkin bisa membuat anda membeli rumah dengan harga yang lebih tinggi dari yang diharapkan. Sehingga menyiapkan dana tambahan ketika ingin membeli rumah sangatlah penting. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo