Ingin Membeli Rumah Lelang ? Kenali Dulu Untung Ruginya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Membeli rumah lelangan menjadi pilihan sebagian orang yang ingin mendapatkan harga rumah yang murah. Rumah lelang biasanya diumumkan secara terbuka oleh bank milik pemerintah. Tiga bank yang paling rajin menawarkan rumah lelang diantaranya BTN, Bank Mandiri, dan BNI. Rumah yang dijual secara lelang merupakan rumah sitaan milik nasabah bank yang tidak mampu melunasi cicilan KPR. Maka dari itu, harganya lebih murah dari harga rumah di pasaran. Bank menjual lebih murah agar mereka bisa menarik kembali kredit yang telah dikucurkan kepada nasabah.

Anda berniat membeli rumah lelang? Sebelum itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui untung dan ruginya membeli rumah lelang. Apa saja itu? Simak selengkapnya!

Keuntungan Membeli Rumah Lelang

Harga Lebih Murah

Harga rumah lelang pasti lebih rendah dibandingkan dengan rumah baru atau bekas yang ada di pasaran. Perbedaan harganya bisa mencapai 10%. Misalnya sebuah rumah hanya dijual seharga Rp1,9 miliar, padahal harga aslinya mencapai Rp2,3 miliar.

Sudah Ada di Area yang Telah “Jadi”

Umumnya lelang rumah berada di suatu kawasan perumahan yang telah berkembang. Di kawasan itu sudah ada fasilitas publik yang sudah siap digunakan. Seperti jalan dan taman umum di perumahan, sekolah, bank, hingga rumah sakit. Berbeda dengan rumah baru yang umumnya masih minim fasilitas umum.

Keringanan Pajak

Keuntungan selanjutnya adalah dalam hal membayar pajak. Sebab yang menjadi patokan untuk pembayaran berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yaitu pajak transaksi pembelian atau penjualan tanah dan bangunan yang berasal dari risalah lelang, bukan dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Kerugian Membeli Rumah Lelang

Penghuni Bisa Saja Masih Menempati Rumah

Terkadang bank sekedar melelang namun pemilik rumah tersebut masih menempati dengan alasan surat menyurat dan dokumen belum selesai diproses. Untuk itu, sebelum membeli rumah lelang, Anda harus perhatikan apakah pemilik sudah menyelesaikan berkasnya atau belum.

Ekstra Biaya untuk Renovasi

Tidak jarang rumah yang dijual secara lelang biasanya berada dalam kondisi yang kurang terawat. Untuk membuat rumah tampil cantik, tentu saja harus ada biaya tambahan untuk renovasi. Maka dari itu, cek dengan teliti seputar kondisi rumah tersebut, apakah memang layak huni atau masih butuh renovasi sana – sini.

Kondisi Lingkungan yang Belum Tentu Baik

Rumah lelang biasanya punya berbagai macam alasan mengapa ditinggalkan oleh pemiliknya. Ada saja alasan, bisa jadi karena rumah tersebut berada di kawasan banjir, di kawasan yang kurang aman, atau di daerah yang kurang baik kondisi airnya. Oleh sebab itu, pastikan ketiga hal itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah lelang. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo