Ini Kriteria Rumah Sehat, Apakah Hunian Anda Sesuai dengan Kriterianya?

image

Rumah Sehat – Sejak masa pandemi melanda, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan, tidak terkecuali kesehatan hunian. Hal ini membuat banyak masyarakat semakin mencari rumah sehat sebagai pilihan hunian. 

Namun sebenarnya, rumah sehat itu yang seperti apa? Terdapat beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa sebuah hunian mampu dikatakan sebagai rumah sehat. Dengan tinggal di rumah yang sehat, maka kesehatan tubuh dan pikiran Anda pun akan lebih terjamin. 

Untuk menciptakan rumah sehat, yuk ketahui dulu kriteria dari rumah sehat. Apa saja kriteria dari rumah sehat? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini. 

 

 

Ini Kriteria dari Rumah Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Kriteria dari rumah sehat telah ditentukan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan yang terkait dengan persyaratan kesehatan rumah tinggal. Nah, berikut ini beberapa kriteria rumah sehat menurut Kemenkes. 

Pencahayaan Cukup

Rumah sehat dapat dicirikan dengan pencahayaan yang cukup. Saat tinggal di sebuah hunian, Anda perlu pencahayaan alami maupun buatan. Pencahayaan buatan bisa Anda dapatkan dengan penggunaan lampu. 

Sedangkan untuk pencahayaan alami, pastikan rumah Anda bisa mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup. Agar tidak terlalu menyilaukan, Anda dapat memasang tirai atau gorden pada jendela rumah Anda. 

Ada Ventilasi 

Kehadiran ventilasi yang cukup juga penting untuk menciptakan rumah yang sehat. Hal ini bertujuan agar rumah memiliki sirkulasi udara yang baik dan lancar. Kemenkes mengatur luas ventilasi alamiah yang permanen minimal 10% dari luas lantai hunian. 

Dengan sirkulasi udara yang lancar, suhu rumah akan stabil dan terhindar dari kelembapan yang dapat menyebabkan munculnya jamur dan bakteri pada rumah. 

Kualitas Udara Baik

Rumah sehat juga harus identik dengan kualitas udara yang baik. Kemenkes menyebutkan kriteria rumah sehat memiliki suhu udara yang nyaman, berkisar antara 18 hingga 30 derajat celcius. Selain itu, kriteria lain dari rumah sehat adalah pertukaran udaranya yang 5 kaki kubik per menit untuk per penghuninya. 

Untuk menciptakan kriteria yang satu ini, biasanya hunian akan disertai dengan adanya ruang terbuka hijau yang akan mendukung penyebaran udara yang bersih dan juga berkualitas. Penanaman tanaman hijau di sekitar hunian juga dapat menjadi salah satu solusi.

Air Bersih

Untuk kesediaan air bersih, rumah sehat harus mencakup kapasitas minimal 60 liter/hari/orang. Kriteria dari rumah sehat juga dilihat dari kualitas air yang memenuhi persyaratan kesehatan air bersih dan air minum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Komponen dan Penataan Rumah

Kriteria rumah sehat selanjutnya dilihat dari segi komponen rumah yang harus memenuhi persyaratan fisik dan juga biologis. Misalnya saja, lantai rumah yang menggunakan material dengan sifat kedap air dan mudah untuk dibersihkan. 

Kemudian, rumah sehat juga memiliki bagian dinding dengan ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara, terutama pada ruang tidur, ruang keluarga, dan ruang utama. 

Selain itu, rumah sehat juga memiliki penataan rumah yang baik sehingga dapat berfungsi dan digunakan sesuai dengan fungsinya. 

Itulah beberapa kriteria dari rumah sehat. Anda dapat menerapkan beberapa kriteria tersebut pada hunian Anda agar rumah menjadi lebih sehat dan juga nyaman untuk ditinggali. Rumah yang sehat tentu akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan Anda dan keluarga. 

Yuk, ketahui informasi serta berita terkini seputar rumah sehat dan properti lainnya dengan mengunjungi website Propertinews.id. Sebagai portal berita properti Indonesia terlengkap, Properti News akan menjadi sumber informasi seputar properti terbaik untuk Anda. (FIY)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo