Mana yang Lebih Untung? Beli Rumah Bekas atau Rumah Baru?

image

PropertiNews.idAnda ingin membeli rumah namun bingung karena dihadapkan antara dua pilihan, yakni membeli rumah baru atau membeli rumah bekas? Kebingungan ini merupakan permasalahan klise dan semua orang pasti merasakannya saat ingin membeli rumah pertama.

Baik rumah bekas maupun rumah baru memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal paling penting adalah Anda harus mengetahui beberapa poin saat hendak membeli rumah baru atau bekas. Apa sajakah itu?

Perhatikan Fleksibilitas

Dari segi fleksibilitas, rumah bekas unggul dibandingkan rumah baru. Sebab, pada rumah bekas Anda tak perlu lagi repot untuk menata ulang bangunan. Semua sudah terpasang, seperti penataan ruang, tinggi plafon, hingga pencahayaan dan desain rumah. Sedangkan jika membeli rumah baru, biasanya desain rumah tidak boleh diubah sehingga Anda harus menerima desain yang ditetapkan.

Perhatikan Konsumsi Energi

Ketika Anda ingin membeli rumah, hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah konsumsi energi. Ini penting guna menghemat pengeluaran bulanan. Nah, dari segi konsumsi, rumah baru justru lebih hemat jika dibandingkan dengan rumah bekas.

Sebab, rumah baru biasanya digarap dengan material yang ramah lingkungan, mulai dari atap baja ringan, jendela almunium, batu bata, hingga warna tembok yang cerah guna memantulkan sinar matahari. Dengan bahan yang ramah lingkungan, maka energi yang diperlukan sedikit sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Nilai Masa Depan

Jika Anda membeli rumah dengan tujuan investasi, maka pilihan yang tepat adalah membeli rumah baru. Sebab, biasanya rumah baru memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan rumah bekas. Dengan material bangunan yang masih fresh dan lebih unggul, rumah baru cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli rumah baru atau bekas. Sudah terjawab pertanyaan Anda? (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo