Mau Beli Rumah Bekas? Simak Dulu Beberapa Tips Ini Agar Tak Rugi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Harga properti termasuk hunian tinggal tapak yakni rumah, tahun ke tahun mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, banyak dari masyarakat yang saat ini belum mampu untuk membeli rumah baru. Walaupun saat ini ada berbagai macam program cicilan rumah, namun terkadang cicilan tersebut masih dianggap terlalu tinggi.

Hal ini lah yang membuat tak sedikit orang akhirnya memilih untuk membeli rumah bekas. Selain harganya yang relatif lebih murah, rumah bekas juga biasanya sudah bisa langsung dihuni.

Jika Anda menjadi salah satu orang yang berencana untuk membeli hunian bekas, ada baiknya  Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa tipsnya agar tak rugi di kemudian hari. Berikut ini kami berikan rangkumannya untuk Anda!

Cari Tahu Legalitas Rumah

Tips membeli rumah bekas yang pertama adalah memeriksa riwayat rumah tersebut. Anda dapat bertanya sendiri kepada penjual atau perantara mengenai legalitas rumah bekas yang akan dibeli. Jika diperlukan, Anda dapat menyewa jasa tenaga ahli hukum. Pastikan rumah terbebas dari kasus bermasalah seperti tindak penipuan. Pastikan rumah memang legal untuk dijual dan dibeli.

Kondisi Bangunan

Anda bisa menanyakan kepada pemilik rumah, mengenai usia bangunan rumah tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada tambahan biaya yang akan Anda keluarkan untuk perbaikan jika ada kerusakan.

Periksa Lingkungan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah bekas, Anda juga perlu untuk memperhatikan lingkungan tempat tinggal. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu atau sekedar berbicara dengan tetangga tentang lingkungan tersebut. Selain itu, periksa juga apakah lingkungan tersebut bebas banjir atau tidak.

Memastikan Lokasi Rumah

Anda wajib memastikan lokasi rumah bekas yang akan dibeli, apakah sudah nyaman dan tidak terisolasi dari dunia luar. Hal ini tidak hanya akan bermanfaat di saat Anda akan berpergian, tetapi juga dari segi harga dan jual rumah nantinya. Lokasi rumah sangatlah menentukan harga jual rumah, karena seiring berjalannya waktu, hunian yang dibangun di tempat – tempat strategis kerap memiliki harga jual yang lebih mahal. Hunian yang letaknya dekat dengan jalan tol utama, sekolah universitas, rumah sakit, dan akses utama ke kota besar lebih sering dicari banyak orang juga.

Anda Harus Teliti

Membeli rumah membutuhkan pertimbangan yang panjang, oleh karena itu Anda harus teliti sebelum melakukan pembelian. Jangan lakukan pembelian rumah dengan terburu-buru, karena alasan apapun. Pastikan Anda membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo