Mau Rumah Anda Terlihat Ramah Lingkungan? Ini Tipsnya

image

Propertinews.id, Tangerang – Memiliki rumah yang nyaman merupakan dambaan bagi setiap orang. Biasanya, rumah yang nyaman indentik dengan ramah lingkungan. oleh sebab itu, jangan asal dalam membangun rumah.

Perhatikan beberapa hal, sebab jika salah langkah, rumah idaman Anda bisa merusak lingkungan. Dalam menciptakan rumah ramah lingkungan, tak perlu membongkar dan membangunnya dari awal.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan berdasarkan prinsip-prinsip rumah lingkungan. Lantas, apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1.       Tentukan Desain Ruang Terbuka Hijau

Salah satu yang membuat hunian terlihat ramah lingkungan, yakni adanya ruang terbuka hijau. Dalam praktiknya, ruang terbuka hijau ini harus memiliki komposisi setidaknya 30% dari keseluruhan area rumah.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat ruang terbuka hijau adalah dengan mendesainnya. Pastikan Anda merencakanan desain tersebut sesuai dengan lahan yang ada.

2.       Maksimalkan Sirkulasi Udara dan Cahaya Matahari

Selain ruang terbuka hijau, memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya matahari merupakan cara sederhana yang bisa membuat rumah menjadi ramah lingkungan.

 Dengan begitu, penggunaan listrik akan berkurang karena adanya aliran udara dan cahaya matahari masuk tanpa harus menggunakan lampu dan pendingin udara.

Maksimalkan pencahayaan alami di pagi hingga sore hari dapat memberikan nuansa ruangan yang lebih terang, selain itu, matahari juga berperan penting dalam menangkal bakteri dan virus jahat yang ada di dalam rumah.

3.       Pengelolaan Limbah yang Baik

Rumah dikatakan ramah lingkungan jika memiliki sistem pengelolaan limbah yang baik.Anda bisa menciptakan sistem pengelolaan limbah secara mandiri dnegan menggunakan konsep 4R (reuse, reduce, recycle, dan replant).

Itulah beberapa tips dan cara agar rumah Anda menjadi rumah yang ramah lingkungan. Pastikan hal tersebut Anda lakukan agar rumah semakin nyaman dan aman untuk di tinggali bersama keluarga tercinta. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo