Tertarik dengan Konsep Rumah Tumbuh? Simak Kelebihannya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Apakah Anda pernah mendengar konsep rumah tumbuh? Konsep rumah tumbuh merupakan konsep pembangunan rumah yang dilakukan secara bertahap. Konsep ini disebut sebagai rumah tumbuh karena bangunan dapat ditambahkan maupun direnovasi sesuai dengan blueprint yang telah ditentukan dengan konsep awal. Anda dapat menambah bangunan dari rumah tumbuh secara vertikal maupun horizontal.

Konsep ini memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan konsep rumah biasa. Jika Anda tertarik dengan konsep rumah tumbuh, berikut ulasan mengenai kelebihannya!

 

  1. Memiliki Wewenang atas Kontrol Pembangunan Rumah

Kelebihan pertama dari konsep rumah tumbuh yaitu Anda memiliki wewenang atas kontrol penuh terhadap pembangunan rumah. Dengan begitu, Anda dapat mengatur jadwal pembangunan rumah. Selain itu, Anda juga memiliki kebebasan untuk memilih material yang akan digunakan serta mengatur pembiayaan pembangunan. Rumah tumbuh bukanlah rumah setengah jadi, melainkan rumah dengan desain dan konsep yang dirancang agar bisa menambah pembangunan secara mudah.

 

  1. Kebebasan dalam Menentukan Desain

Konsep rumah tumbuh juga memberi kebebasan kepada Anda dalam menentukan desain rumah. Anda dapat mengubah desain rumah Anda mengikuti tren desain yang tengah berkembang. Meskipun begitu, Anda harus memastikan bahwa desain rumah tidak mengubah konsep, struktur, maupun bentuk rumah yang sudah ada karena ditakutkan akan memberi dampak buruk pada rumah di masa mendatang.

Sebagai contoh, jika Anda menetapkan konsep rumah tumbuh horizontal, berarti Anda hanya bisa melakukan penambahan bangunan secara menyamping. Begitu juga ketika Anda menerapkan konsep rumah tumbuh vertikal, penambahan bangunan hanya dapat dilakukan secara vertikal atau ke atas.

 

  1. Dapat Mengakali Keterbatasan Dana dalam Proses Pembangunan

Dengan adanya kebebasan dalam mengatur jadwal pembangunan serta pemilihan material, Anda dapat menyiasati pembangunan sesuai dengan dana yang tersedia. Bagi Anda yang baru saja menikah, Anda bisa membangun rumah dengan konsep ini untuk mengurangi biaya pembangunan dan Anda dapat melanjutkan pembangunan saat anggota keluarga mulai bertambah.

 

  1. Siap Menghadapi Penambahan Anggota Keluarga

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, rumah tumbuh membuat Anda siap untuk menghadapi bertambahnya anggota keluarga. Jika hal tersebut terjadi, Anda hanya perlu melakukan pembangunan rumah sesuai kebutuhan tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran. Selain itu, rumah tumbuh juga efisien dalam hal pembangunan karena proses pembangunan pada rumah tumbuh cenderung lebih singkat. Sehingga Anda dapat menghemat biaya tukang.

 

  1. Memudahkan Proses Penanganan Kerusakan pada Rumah

Dalam konsep rumah tumbuh, Anda akan terlibat dalam proses pembangunan. Kebebasan dalam pembangunan yang dilakukan pada rumah tumbuh secara tidak langsung akan membuat Anda mengenal dengan baik lokasi serta tata letak rumah. Sehingga saat terjadi kerusakan, Anda dapat mengawasinya dan mengatasi kerusakan tersebut dengan mudah.

 

Ulasan di atas adalah kelebihan-kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menerapkan konsep rumah tumbuh pada rumah Anda. Untuk menerapkan konsep tersebut pada rumah, Anda dapat melakukan konsultasi dengan arsitek terpercaya karena arsitek dapat memperkirakan perkembangan rumah Anda di masa mendatang. Selain itu, Anda juga perlu memilih tukang atau kontraktor yang ahli untuk menghindari adanya kekecewaan atau kesalahan terhadap konsep yang akan diaplikasikan pada rumah.

Untuk merasakan segala kelebihan dari rumah tumbuh, usahakan untuk tidak mengubah konsep rumah yang sudah diterapkan demi menghindari risiko kerusakan maupun kegagalan dalam pembangunan rumah. Oleh karena itu, putuskan dan pertimbangkan baik-baik konsep rumah tumbuh apa yang akan Anda terapkan, vertikal atau horizontal. Setelah mengetahui kelebihan dari konsep rumah tumbuh, apakah Anda tertarik untuk menerapkannya pada rumah Anda? Semoga bermanfaat! (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo