Wajib Tahu! Ini 5 Cara Menentukan Harga Jual Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Jika Anda memiliki rencana untuk menjual rumah, jangan asal untuk menentukan harga jual. Jika Anda membuat harga yang terlalu tinggi, dapat dipastikan rumah tersebut akan sulit terjual, namun sebaliknya jika Anda membuat harga yang terlalu rendah, maka dapat dipastikan Anda akan merugi.

Ternyata hingga saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana menentukan harga jual rumah yang tepat.  Jika itu termasuk Anda, berikut ini kami berikan beberapa cara menentukan harga jual rumah. Penasaran? Berikut selengkapnya!

Menentukan Harga Tanah

Meski niat utama Anda adalah menjual rumah, namun penting pula mengetahui cara menghitung harga tanah. Anda dapat mencari tahu harga tersebut dengan mencari informasi ke pihak – pihak terkait. Selain itu, Anda juga bisa menghitung harga kisaran tanah melalui NJOP yang terdapat di struk pembayaran PBB.

Melihat NJOP

Melihat NJOP bisa menjadi cara mudah lainnya untuk menentukan harga jual rumah. Pemilik rumah bisa melihat harga per meter persegi. Biasanya, pemilik rumah tidak akan melepas rumahnya dengan harga NJOP kecuali memang kepepet. Adapun perbedaan NJOP dengan harga pasar biasanya besar.

Periksa Spesifikasi Bangunan

Jika hunian Anda berada di kompleks cluster yang memiliki model rumah tipikal sama, akan lebih mudah untuk menentukan harga jual rumah. Namun jika Anda tinggal di kompleks dengan tipikal rumah yang berbeda – beda, maka lakukan beberapa hal seperti periksa spesifikasi bangunan mulai dari luas, jumlah kamar mandi, material, dan kondisi rumah. Kemudian bandingkan juga harga material di pasaran dengan material yang terdapat di rumah Anda sehingga Anda dapt memperkirakan harga keseluruhan rumah.

Bertanya Kepada Agen Properti

Pemilik rumah juga bisa bertanya kepada agen properti atau broker sebagai cara menentukan harga jual rumah. Broker memahami cara mengetahui harga tanah per meter, cara mengetahui harga pasaran tanah, hingga cara menghitung harga dari NJOP.

Periksa Lokasi Hunian

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mempertimbangkan lokasi dari rumah tersebut. Lokasi akan menentukan harga jual rumah. Jika semakin strategis lokasinya misal dekat dengan berbagai area serta memiliki akses mudah, maka harga rumah akan semakin tinggi. Namun jika rumah yang akan dijual tidak memiliki lokasi yang strategis, maka Anda juga tak perlu khawatir. Pasalnya Anda bisa mempertimbangkan beberapa aspek lainnya seperti infrastruktur, transportasi, dan fasilitas sosial seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo