5 Elemen Penting dalam Perencanaan Kota

image

PropertiNews.id, Tangerang – Perencanaan perkotaan adalah perencanaan tata ruang kota yang mencakup segala aspek kehidupan dalam masyarakat. Dalam merencanakan pembangunan kota, ada beberapa elemen penting yang tak bisa dilewatkan. 

Dalam buku Hamid shirvani (1985) yang berjudul "The Urban Design Process" disebutkan bahwa ada delapan elemen fisik dalam perencanaan kota.

  1. Tata Guna Lahan (Land Use)

Pada prinsipnya land use adalah pengaturan penggunaan lahan untuk menentukan pilihan yang terbaik dalam mengalokasikan fungsi tertentu, sehingga secara umum dapat memberikan gambaran keseluruhan bagaimana daerah pada suatu kawasan tersebut seharusnya berfungsi. Land use bermanfaat untuk pengembangan sekaligus pengendalian investasi pembangunan. Pada skala makro, land use lebih bersifat multifungsi/mixed use.

  1. Bentuk dan Massa Bangunan (Building Form and Massing)

Bentuk dan masa bangunan tidak semata-mata ditentukan oleh ketinggian atau besarnya bangunan, penampilan maupun konfigurasi dari masa bangunannya, akan tetapi ditentukan juga oleh besaran bangunan, intensitas bangunan, ketinggian bangunan, sempadan Bangunan, fasad, skala, material, tekstur dan warna.

  1. Sirkulasi dan Parkir (Circulation and Parking)

Masalah sirkulasi kota merupakan persoalan yang membutuhkan pemikiran mendasar, antara prasarana jalan yang tersedia, bentuk struktur kota, fasilitas pelayanan umum dan jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat. Diperlukan suatu manajemen transportasi yang menyeluruh terkait dengan aspek-aspek tersebut. Selain kebutuhan ruang untuk bergerak, moda transportasi juga membutuhkan tempat untuk berhenti (parkir).

  1. Ruang Terbuka (Open Space)

Ruang terbuka bisa menyangkut lansekap berupa jalan, trotoar, taman dan ruang rekreasi di kawasan kota. Elemen-elemen terbuka juga menyangkut lapangan hijau, ruang hijau kota, pohon-pohonan, pagar, tanam-tanaman air, penerangan, paving, kios-kios, tempat-tempat sampah, air minum, sculpture, jam dsb. 

  1. Area Pedestrian (Pedestrian Area)

Sistem pedestrian yang baik akan mengurangi keterikatan terhadap kendaraan di kawasan pusat kota, mempertinggi kualitas lingkungan melalui sistem perancangan yang manusiawi, menciptakan kegiatan pedagang kaki lima yang lebih banyak dan akhirnya akan membantu kualitas udara di kawasan tersebut. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo