5 Manfaat Garam Dapur untuk Bersihkan Peralatan Rumah Tangga Anda

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tahukah Anda bahwa salah satu bumbu dapur yakni garam memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat membersihkan peralatan rumah tangga Anda. Beberapa masalah seperti kotoran yang kerap muncul di perabotan rumah tangga, dapat diatasi dengan bumbu dapur dengan rasa asin ini.

Dengan harga yang relatif murah, penggunaan garam untuk membersihkan kotoran tentu saja dapat menghemat biaya pengeluaran Anda. Ingin tau seperti apa? Berikut adalah beberapa manfaatnya yang telah kami rangkum untuk Anda!

Membersihkan Noda di Karpet

Karpet menjadi salah satu benda di rumah yang sering kali terkena noda. Kotoran yang sering mengenai karpet adalah seperti kuah dari makanan, kopi, dan lain sebagainya sehingga kotoran tersebut tertinggal dan sulit untuk menghilangkannya. Namun Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan garam. Untuk tumpahan minyak di karpet, Anda bisa mencapurkan garam dengan alcohol dengan perbandingan 1:4. Lalu celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok noda bekas minyak dengan mengikuti arah alur bulu karpet. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih.

Membersihkan Piringan Besi Alat Setrika

Tak peduli seberapa telatennya Anda menyetrika baju, kadang ada residu pakian yang meleh dan menempel bandel di permukaan besinya. Di sini, Anda bisa menggunakan garam sebagai pembersih perkakas rumah tangga. Pertama, panaskan setrikaan, lalu gelar potongan kertas koran di atas papan setrika dan taburkan garam di atasnya. Kemudian gosok setrikaan panas di atas garam tersebut sampai kotoran yang menempel di besinya terkikis habis.

Membersihkan Talenan Kayu

Anda juga bisa membersihkan talenan kayu menggunakan garam. Caranya, Anda hanya perlu air panas, garam, dan air jeruk nipis. Kemudian larutkan menjadi satu. Selanjutnya, usap talenan menggunakan handuk atau lap yang telah dicelupkan pada larutan terebut.

Membersihkan Teflon

Teflon besi akan mudah karatan jika Anda mencucinya dengan air. Begini cara membersihkan Teflon besi yang benar: Sesudah selesai masak, tuangkan ¼ cangkir garam ke dalam wajan yang masih panas dan gosok dengan sikat kawat kaku. Lap dengan bersih, kemudian lapisi wajan dengan minyak sayur sebelum disimpan kembali.

Membersihkan Drainase Air yang Tersumbat Rambut

Saluran air yang tersumbat bekas busa sampo, sabun, dan rambut rontok bukan hanya menjijikkan, namun lama kelamaan bisa menggenangi kamar mandi Anda jika tidak dibersihkan dengan baik. Solusinya, larutkan 1 cangkir garam dan 1 cangkir baking soda dalam ½ cangkir cuka, kemudian tuang larutan terebut tepat di atas gumpalan sampah tersebut. Tunggu 10 menit, lalu siram dengan 2 liter air panas. Buka keran air sampai air bisa mengalir dengan bebas. (ZH)  

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo