5 Tips Memilih Agen Properti Terpercaya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memilih agen properti adalah salah satu langkah penting yang bisa diambil ketika Anda ingin menjual atau membeli sebuah rumah atau apartemen. Penggunaan jasa agen properti kian populer saat ini. Agen properti atau istilah lain dari broker ini banyak dipercaya karena mereka sangat memahami pasar properti secara luas serta siap terjun ke lokasi secara langsung.

Tak hanya itu, kesibukan yang dimiliki oleh seorang yang ingin menjual atau membeli rumah membuat sebagian dari mereka mempercayakan agen properti untuk menghemat waktu.

Namun, dalam memilih agen properti tidaklah boleh sembarangan. Anda harus memilih agen properti yang memang sudah terpercaya dan memiliki banyak pengalaman dibidangnya. Lalu bagaimana cara memilih agen properti yang terpercaya dan profesional? Berikut ini kami berikan 5 tipsnya.

Dapatkan Beberapa Nama Agen

Hal pertama yang bisa dilakukan saat mencari agen properti adalah mendapatkan beberapa nama agen dari referensi. Anda bisa bertanya kepada kenalan yang sudah pernah menggunakan jasa agen properti, dan tanyakan bagaimana pengalaman mereka menggunakan agen tersebut.

Cek Lisensi Agen Properti

Pastikan agen properti yang Anda pilih adalah agen berlisensi dan terdaftar. Anda bisa mencari tahu informasi latar belakang agen lewat internet, terutama melalui situs resmi agensi properti tempat si agen terdaftar.

Aktif Berkomunikasi

Setelah Anda mendapatkan agen yang telah dicari, pastikan bahwa agen tersebut aktif berkomunikasi. Sebagai penjual atau pembeli rumah, Anda tentu akan kesulitan berhadapan dengan agen yang tidak dapat berkomunikasi secara baik. Oleh sebab itu, sangat penting memiliki agen yang aktif memberikan informasi terbaru, seperti data yang relevan mengenai properti yang ingin dibeli atau calon pembeli potensial untuk properti yang ingin Anda jual.

Menguasai Area

Seorang agen yang baik dan profesional adalah yang mampu menguasai suatu area baik dari luar maupun dalam. Kemudian ia juga punya pandangan properti pada beberapa daerah di sekitarnya. Dengan menjawab penuh keyakinan terhadap beberapa kota atau area yang menjadi spesialis, maka agen bisa membantu Anda menentukan pilihan. Bahkan agen yang kritis dapat memberikan informasi lingkungan sekitar, seperti sekolah dan jalur transportasi di lokasi incarannya.

Cek Listing Terbaru Agen

Anda dapat menanyakan daftar listing langsung kepada agen yang bersangkutan atau memeriksanya di situs kantor maupun situs pribadi agen. Melalui daftar listing ini, Anda bisa melihat apakah agen tersebut sering atau pernah menangani properti yang ingin Anda jual atau beli. Cek juga apakah kisaran harga properti yang ditangani si agen mirip dengan Anda atau sebagainya.

Anda bisa memastikan apakah agen tersebut memiliki listing yang cukup banyak untuk memastikan dirinya adalah seorang agen properti yang baik dan sukses. Namun pastikan pula listing yang dimiliki tidak terlalu banyak, karena ada kemungkinan dia akan kesulitan membagi waktu menangani properti Anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo