Antara Rumah Baru dan Rumah Bekas, Mana Sih yang Terbaik?

image

Propertinews.id  – Sebelum membeli rumah idaman untuk keluarga di masa depan, ada salah satu pertimbangan utama penting yaitu memilih rumah baru atau rumah bekas.

Meskipun keduanya sama-sama memenuhi kebutuhan, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing.

Membeli rumah baru dari segi desain lebih memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengatur tata letak dan segala atribut rumah seperti jumlah kamar, warna cat hingga penataan furnitur ruangan.

Rumah bekas biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pokok seperti air, listrik dan memiliki tata ruang yang sudah jadi dan memiliki furnitur yang sudah lengkap.

Selain itu, dokumen rumah jua telah diurus oleh pemilik lama sehingga Anda hanya perlu melakukan balik nama untuk surat kepemilikan rumah.

Rumah baru biasanya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga Anda belum mendapat jaminan kelengkapan untuk fasilitas umum.

Sedangkan untuk rumah bekas secara umum biasanya sudah memiliki lingkungan yang sudah terbentuk. 

Baik secara sosial maupun secara fasilitas. Biasanya rumah bekas sudah dilengkapi fasilitas umum seperti taman, area hijau, tempat olahraga. 

Anda juga harus lebih cermat dalam memilih rumah bekas, karena jika kurang cermat bisa saja mendapatkan rumah bekas dengan kondisi kurang baik.

Alhasil Anda harus melakukan perbaikan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika rumah cukup lama terkadang ada beberapa kerusakan seperti kebocoran di beberapa titik.

Belum lagi ternyata ada hal yang kurang sesuai dengan selera Anda sehingga memerlukan renovasi. Biaya yang diperlukan pun tergantung dari besar kecilnya renovasi yang Anda lakukan.

Sedangkan untuk rumah baru biasanya memiliki garansi atau asuransi rumah sehingga bila terjadi kerusakan seperti kebocoran maka Anda bisa menghemat biaya.

Hal ini dikarenakan Anda cukup mengajukan klaim sehingga pihak developer akan memperbaikinya dengan garansi kebocoran.

Nah itu dia keuntungan dari rumah baru dan rumah bekas. Bagaimana? Kira-kira rumah mana yang akan Anda pilih untuk keluarga tercinta? 

Kunjungi dan ikuti berita ter-update seputar properti dengan mengunjungi website PropertiNews.id yang merupakan portal berita terbaik di Indonesia yang membahas seputar dunia properti.

Kunjungi website Prime360 untuk mengetahui artikel menarik seputar rumah dan villa rekomendasi terbaik yang ada di Indonesia (MSH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo