Begini Cara Mudah Ajukan KPR untuk Ojek Online

image

Propertinews.id, Tangerang – Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan mendadak viral karena kisahnya heboh di media sosial. Berprofesi sebagai ojek online, pria ini sukses memiliki rumah mewah dua lantai. Kesuksesannya tersebut menjadi topik hangat di jagat maya beberapa waktu yang lalu.

Pria bernama Ikhwal bekerja keras sebagai ojek online selama kurang lebih 4 tahun. Konten yang mendadak tenar ini pertama kali diunggah oleh akun bernama @tampanselaluu. Pada postingan tersebut, terlihat gambar seorang pria yang menunjukkan rumah tingkat yang cukup mewah berwarna putih. Rumah itu disebut milik Ikhwal.

Kisahnya berawal ketika Ikhwal mengundang rekan-rekannya sesama ojol untuk makan siang bersama di rumah mewah tersebut. Undangan tersebut ternyata diunggah oleh rekan sesama ojol di media sosial. Bukannya melihat undangan tersebut, warganet justru salah fokus dengan rumah di belakangnya yang terlihat megah.

"Barusan ada undangan makan siang di rumah driver. Pas sampai di rumahnya, saya kaget lihat hasil dari ngojek selama ini," ujar akun @tampanselaluu.

Undangan tersebut berhasil mencuri banyak perhatian dari warganet. Ikhwal sebagai pemilik rumah terlihat begitu sederhana dengan peci dan kaos hitamnya. Menurut penuturan pengunggah foto viral ini, sang ojol pemilik rumah mewah memang rajin mencari pelanggan mulai dari subuh hingga pukul 11 malam.

"Ngobrol-ngobrol katanya doi. Dia nge-bid tiap sudah ngojek sekitar empat tahunan dari selesai salat Subuh sampai jam11 malam," tambah @tampanselaluu.

Berkaca dari kisah ini, sebenarnya semua ojol bisa memiliki rumah. karena salah satu ojek online telah bermitra dengan Bank BTN agar bisa mengambil cicilan KPR. Untuk meyakini pihak bank dalam pengajuan KPR, pihak Go-Jek memberikan matriks kinerja mitra tersebut. Dalam hal ini, Go-Jek hanya berperan sebagai perantara dan membantu agar pengemudi memiliki performa yang bagus.

Dengan begitu, mitra bisa direkomendasikan untuk mengambil cicilan rumah. Cicilan hariannya terbilang ringan, yakni Rp 48.000 yang dipotong dari deposit mitra pengemudi. KPR yang disalurkan untuk mitra pengemudi merupakan KPR bersubsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga.

Dengan skema pembayaran tersebut, pengemudi hanya dikenakan bunga sebesar 5% selama masa angsuran. Jangka waktunya adalah 18 hingga 20 tahun. Lokasi rumah yang dapat dimiliki bertempat di sekitar kawasan Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Ciputat, dan Cikarang.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Go-Jek, ada beberapa persyaratan pengajuan KPR oleh mitra driver di BTN, yaitu sebagai berikut. 

•           WNI dan berdomisili di Indonesia.

•           Telah berusia 21 tahun atau telah menikah.

•     Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun.

•           Memiliki rekening tabungan.

•           Memiliki NPWP Pribadi

•           Penghasilan tidak lebih dari Rp 4 juta (untuk rumah subsidi).

•           Belum punya rumah atau KPR yang diajukan merupakan rumah pertama.

Setelah memenuhi semua syarat yang dijabarkan, selanjutnya pengemudi bisa menyiapkan dokumen. Umumnya, dokumen tersebut berisi fotokopi identitas, kartu keluarga, akta nikah (jika sudah berkeluarga), rekening gaji, fotokopi PBB dan IMB bangunan yang akan dibeli. Namun, khusus bagi ojol yang tidak memiliki penghasilan tetap, ada beberapa dokumen lain yang harus terpenuhi, yaitu laporan keuangan dan rekening koran tabungan.

Ada sedikit biaya yang harus dikeluarkan pengemudi agar proses berjalan lancar, berikut rinciannya:

•           Uang muka 1 persen dari harga jual rumah subsidi.

•           Biaya administrasi sebesar Rp 250.000.

•           Biaya provisi 0,5 persen dari platfon kredit.

•           Biaya notaris / PPAT sebesar Rp 250.000.

•           Biaya pajak dan lain-lain sebesar Rp 7 juta.

•           Bebas biaya asuransi jiwa dan kebakaran.

(MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo