Cara Tepat Memilih Agen Properti Terpercaya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebagai sesorang yang memiliki kesibukan tinggi, Anda mugkin kesulitan meluangkan waktu ketika hendak menjual properti maupun mencari properti. Apapun alasannya, Anda pasti akan membutuhkan jasa agen properti.

Memilih agen properti merupakan salah satu langkah penting yang diambil sebagian orang saat akan menjual atau membeli properti, baik berupa rumah maupun apartemen.

Penggunaan jasa agen properti kini menjadi pilihan yang kian populer. Agen properti atau yang juga sering disebut sebagai broker banyak dipercaya karena meraka sangat memahami pasar secara lebih luas serta siap terjun langsung ke lokasi.

Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan memilih agen properti. Jika tidak tepat, hal ini dapat merugikan diri Anda nantinya. Untuk itu, kami memberikan cara tepat memilih agen properti yang terpercaya untuk Anda.

Dapatkan Beberapa Nama Agen

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mencari agen properti adalah mendapatkan beberapa nama agen dari referensi. Anda bisa bertanya kepada kenalan Anda yang baru saja menggunakan jasa agen properti dan cari tau bagaimana pengalaman mereka dengan agen tersebut.

Baca Juga : Kaum Milenial, Ini Dia Bisnis Properti Kekinian dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Cari Tahu Profil

Sekarang ini profil online seseorang bisa memberi Anda banyak informasi tentang bagaimana orang tersebut bekerja.  Dari website dan akun sosial media mereka, termasuk Facebook dan Twitter, Anda bisa mendapat gambaran bagaimana cara mereka bekerja. Lakukan pencarian cepat akan berita tentang mereka maupun kantor agensinya. Yang paling penting, lihat bagaimana cara mereka memasarkan online dan se-efektif apa cara mereka dalam mencari potensial pembeli.

Temui Calon Agen dan Lakukan Interview Non Formal

Anda sudah memiliki daftar calon agen yang potensial untuk menjual atau mencari properti Anda? Luangkan waktu untuk menemui beberapa calon agen tersebut untuk menilai langsung siapa yang paling cocok untuk bekerja sama dengan Anda. Jangan ragu juga untuk melakukan interview terhadap agen properti sebagaimana melakukan wawancara dengan calon pencari kerja. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang spesifik untuk mencari tahu pengalaman yang dia miliki selama menggeluti bisnis jual beli properti serta bagaimana cara dia melakukan operasi.

Pilih yang Memiliki Keahlian di Pasar Lokal

Mencari agen yang mempunyai pengetahuan banyak adalah kunci karena setiap wilayah mempunyai tantangannya sendiri menyangkut sektor real estate. Agen properti yang ideal harus memiliki catatan yang terbukti untuk menjual properti di area lokal tersebut. Mereka harus mengetahui dengan benar faktor fasilitas yang ada di lokasi tersebut, kondisi lingkungan dan bahkan kebijakan pemerintah yang ada di daerah tersebut akan sangat mempengaruhi properti. Mereka mampu memberikan pengetahuan tentang pasar lokal lebih baik bahkan dari para penghuninya, dan karena inilah mereka selalu mempunyai keuntungan yang bisa membantu Anda menjual atau membeli properti Anda.

Paham Jangka Waktu

Timing awareness atau kesadaran akan periode waktu menjadi faktor esensial dalam sinergi antara klien dan agen. Agen harus mengetahui jika Anda ingin cepat-cepat menjual rumah, sehingga mereka juga akan menyesuaikan dengan ritme yang cepat.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Properti

Di sisi lain, jika klien sedang tidak terburu-buru, agen dapat menyarankan untuk membidik pasar yang tepat sehingga mendapatkan harga yang tepat.

Hindari Menanyakan Soal Harga Jual

Meski banyak orang akan berfokus pada perkiraan harga jual, ada faktor lain yang lebih penting. Kemampuan agen bernegosiasi, adalah kunci untuk mendapatkan deal yang sebaik mungkin, tidak peduli harga awalnya. Pada akhirnya Anda harus mencari agen yang bisa Anda andalkan dan percayakan untuk memikirkan hal yang terbaik bagi Anda dalam proses penjualan ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo