Cari Tahu Perbedaan Nonton di IGTV dan Youtube

image

PropertiNews.id, Tangerang – Aplikasi Instagram baru-baru ini resmi meluncurkan fitur baru yang disebut dengan Instagram TV atau yang disingkat IGTV. Kegunaan IGTV ini sebagai video berdurasi yang lebih panjang masa waktunya. Aplikasi ini dibuat tepisah namun masih bisa diakses dari aplikasi utamanya.

Peluncuran IGTV ini bahkan bisa menyaingi lawannya yang sudah lebih dulu tenar, yaitu Youtube. IGTV dan Youtube pada dasarnya memiliki manfaat yang sama, yaitu menawarkan berbagai macam video.

Perlu diketahui, IGTV dan Youtube memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang membedakan IGTV dan Youtube saat Anda meng-akses dua media sosial tersebut.

1. Format Video

IGTV hanya menawarkan video yang berukuran vertikal, persis  dengan Insta Stories. Dan juga untuk aspek rasionya harus 9:16. Sedangkan Youtube membebaskan Anda untuk mengunggah video baik itu secaar vertikal atau horizontal.

2. Durasi Waktu

Anda bisa mengunggah video ke IGTV dengan durasi satu jam, dan ini hanya bisa dilakukan untuk akun dengan follower terbanyak.Untuk akun yang biasa hanya diperbolehkan sampai 10 menit.

Untuk Youtube, bagi pemula yang ingin mengunggah video bisa mencapai durasi 15 menit. Jika akun Youtube Anda sudah terverifikasi boleh untuk mengunggag video sampai 12 jam dengan maksimal 128 GB per videonya.


3. Iklan
Keuntungan bagusnya IGTV masih terbebas dari iklan. Entah akan sampai kapan IGTV akan bebas dari iklan. Namun perlu diingat adalah platform baru ini bisa menjadi lahan bagi para konten kreator dan Instagram untuk mendapat uang dari iklan.

Sedangkan Youtube sudah sejak lama menjadi lapak pencaran. Karena Youtube dapat berbagi hasil dari iklannya dengan para kreator.

4. Siaran Langsung
Untuk saat ini IGTV belum menyediakan fitur siaran langsung. Anda bisa menggunakan Instagram Live untuk melakukan siaran langsung. Namun tidak menutup kemungkinan IGTV akan mendapatkan fitur ini di masa yang akan datang.

Sementara Youtube sudah dilengkapi fitur siaran langsung yang telah didukung beragam teknologi. Mulai dari aplikasi hingga perangkat video capture telah tersedia untuk Youtube Live. (ES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo