Fitur Rute Khusus Motor, yang Baru dari Google Maps

image

PropertiNews.id, Tangerang – Anda sering merasa kesulitan menemukan jalur tercepat saat mengendarai sepeda motor untuk pergi tempat tujuan saat menggunakan Google Maps? Atau Anda malah diarahkan ke jalan yang dikhususkan untuk mobil? Kalau ya, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan tersebut. Pada tanggal 20 Maret 2018 kemarin, Google mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan tiga fitur baru pada aplikasi Google Maps.

Fitur baru tersebut yakni Rute Khusus Motor. Google menyediakan Rute Khusus Motor setelah melihat banyaknya jumlah pengendara sepeda motor dan banyaknya permintaan dari masyarakat Indonesia untuk menghadirkan fitur tersebut. Selain itu, Google juga melihat sepeda motor memiliki kebutuhan spesifik karena mampu mengambil rute-rute yang tidak dapat dilalui oleh mobil seperti jalan sempit dan gang.

Pada fitur terbaru khusus pengendara motor ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat pengguna. Seperti waktu tempuh yang akurat, memungkinkan pengguna mengambil jalan yang sempit dan juga navigasi landmark. Karena Anda pun dapat menemukan jalan yang hanya bisa dilalui oleh motor seperti gang yang sempit. Selain itu, jika dibandingkan dengan mobil waktu tempuh akan lebih sebentar.

Selain itu, Fitur rute khusus motor ini juga bekerja sama dengan perusahaan ojek online lho, seperti Grab maupun Gojek. Tentu manfaat yang kamu dapatkan akan sama. Karena pada akhirnya fitur ini akan menguntungkan pelanggan dan perusahaan (ojek online).


Namun, apa bedanya google maps khusus pengendara motor dengan rute untuk pengendara mobil? Selain menyertakan rute berisi jalan-jalan pintas berukuran kecil (jalan tikus) yang bisa dilalui oleh pengendara roda dua, pada fitur terbaru ini Google Maps tidak akan menyertakan jalur melewati jalan tol yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Perkiraan waktu tempuh juga diklaim lebih akurat sesuai dengan rute dan sifat sepeda motor yang bisa meliuk-liuk ditengah kemacetan.

Cara untuk mendapatkan navigasi untuk kendaraan roda dua ini juga terbilang mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meng-update Google Maps versi terbaru (9.73) dari toko aplikasi Android Google Play Store. Setelah itu buka aplikasi Google Maps seperti biasa, lalu tentukan tujuan di peta dan minta petunjuk arah (direction). Google Maps kemudian akan menampilkan petunjuk arah. Nah, pada bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Anda pun bisa meng-klik ikon baru ini untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua. Sangat mudah bukan?

Pihak Google mengatakan, rute navigasi khusus sepeda motor ini adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna di Indonesia. Karena seperti kita ketahui jumlah pengendara motor di jalanan Indonesia tujuh kali lebih banyak dibandingkan mobil berdasarkan data Statistik Transportasi Jakarta tahun 2016 dari Badan Pusat Statistik Jakarta.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps ini akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Sayangnya, baru platform Android yang mendapat fitur ini. Pihak Google belum menerangkan kapan platform iOS akan ikut kebagian. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo