Hashtag, Strategi Marketing yang Ampuh di Sosial Media

image

PropertiNews.id, Tangerang – Hashtag merupakan tagar yang berbentuk tanda pagar (#) yang semakin marak digunakan di media sosial seperti Twitter maupun Instagram. Hastag digunakan untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam social media, dan disisi lain hastag juga mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan. 

Dalam dunia digital, khususnya digital konten marketing pada sosial media, hashtag berguna untuk mengelompokkan sebuah tema atau informasi produk agar orang lain atau calon customer dapat menemukan informasi yang anda sampaikan pada sebuah artikel dengan hashtag tertentu.

Tujuan awal dari pembuatan tagar ini memang untuk mengelompokkan sebuah topic ataupun memberikan sebuah kategori tertentu pada sebuah blog. Namun dalam perkembangannya saat ini, hashtag bisa berfungsi untuk menambah like dan followers di instagram. Hastag itu mempunyai kelebihan sendiri dalam pemakaiannya. Hastag tidak hanya tampil di Instagram saja, namun di media sosial lainya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dll. Yang memiliki fungsi untuk mengelompokkan atau mengkategorikan sebuah jenis postingan.

Fungsi lain dari penggunaan hastag ini adalah untuk memudahkan Anda dalam memberikan sebuah informasi di media sosial dengan memanfaatkan hashtag khusus di akhir caption postingan Anda seperti #promo #diskon atau hashtag yang lain. Sehingga nantinya para costumers tahu maksud dari postingan Anda di media sosial hanya dalam sekali baca.


Lebih lanjut, fungsi tersebut bisa dikembangkan untuk memberikan pesan tambahan kepada para costumers. Maksudnya adalah Anda pun bisa mengkombinasikan beberapa hashtag ke dalam satu posting / update status. Fungsinya? Dengan memberikan beberapa hashtag dalam satu konten akan membuka kesempatan para pelanggan untuk mendapatkan beberapa info berbeda dalam satu waktu. Namun perlu diperhatikan, info yang dimasukkan harus tetap relevan dengan konten yang Anda berikan.

Selain itu, fungsi hastag yang lainnya adalah sebagai media personal branding. Dengan sedikit kreatifitas dan melihat tren yang ada, Anda pun bisa memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan usaha lebih luas lagi. 

Hashtag merek dapat menciptakan customer engagement dengan cara seorang pengguna merek tersebut membagikan pengalaman pada komunitas media sosial lainnya sehingga mereka mengetahui apa yang ingin diketahui tentang merek yang sedang tren dan bahkan mereka dapat mempromosikan merek tersebut. Penggunaan pemasaran hastag melibatkan beberapa unsur diantaranya hashtag harus unik, singkat, jelas dan konsisten pada topik produk yang dijual di pasar. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo