Ini 5 Jalan Tol Terpanjang yang Ada di Indonesia. Sudah Pernah Lewat?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah terus mengembangkan infrastruktur berupa jalan tol beberapa tahun belakangan ini. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jalan tol terbanyak.

Jalan tol sendiri menjadi peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara satu wilayah ke wilayah lainnya. Hadirnya jalan tol dapat mendukung pertumbuhan ekomoni, mengurangi biaya logistik, hingga menciptakan pusat – pusat ekonomi baru di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama, jalan tol yang dibangun memang selalu memiliki ukuran yang panjang hingga berkilo – kilo meter. Namun tahukah Anda di Indonesia ternyata ada 5 jalan tol terpanjang yang pernah ada. Apa saja itu ?

Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung (189,2 Km)

Jalan Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia sampai saat ini. Tol ini menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera yang menjadi proyek besar milik pemerintah. Pengerjaan jalan tol yang satu ini terbilang sangat singkat. PT Hutama Karya (Persero) mengerjakan jalan tol ini dalam waktu tidak sampai dua tahun, sejak Juli 2018 hingga November 2019. Tentunya banyak kawasan yang dilewati oleh jalan tol terpanjang ini.

Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140,94 Km)

Selanjutnya adalah Tol Bakauheni – Terbanggi Besar dengan panjang 140,94 kilometer. Tol yang juga dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) sejak tahun 2015 dan diresmikan pada 2019 ini menelan biaya yang cukup besar yakni lebih dari Rp16,7 triliun. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan berujung di Pelabuhan Bakauheni.

Tol Pekanbaru – Dumai (131,48 Km)   

Jalan tol yang memiliki panjang 131,48 kilometer ini mulai dioperasionalkan pada awal 2020. Tol terpanjang ke tiga di Indonesia ini terbagi menjadi enam seksi yaitu Seksi 1 Pekanbaru – Minas (9,5 kilometer), Seksi 2 Minas–Kandis Selatan (24,1 kilometer), Seksi 3 Kandis Selatan–Kandis Utara (16,9 kilometer), Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26,2 kilometer), Seksi 5 Duri Selatan–Duri Utara (29,45 kilometer), dan Seksi 6 (Duri Utara–Dumai (25,05 kilometer).

Tol Cikampek – Paliman (116,75 Km)

Nama Cikampek—Palimanan ini mungkin terdengar asing di telinga. Namun, orang akan langsung paham ketika disebut Tol Cipali. Tol yang diresmikan pada 2015 ini sempat menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol ini juga termasuk ke dalam bagian dari projek Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung Jawa Barat hingga ujung Jawa Timur. Saat ini, tol Cipali sudah dimiliki oleh PT Baskhara Utama Sedaya setelah beberapa kali berganti kepemilikan.

Tol Jakarta – Merak (98 Km)

Pasti banyak yang sudah tidak asing dengan tol yang satu ini. Jalan tol yang memiliki jarak 98 kilometer ini sudah digunakan sejak tahun 1984. Tol Jakarta – Merak menjadi salah satu tol tersibuk di Indonesia, karena melayani berbagai armada yang ingin pergi ke wilayah Tangerang maupun ke Pelabuhan Merak. Sesuai dengan namanya, jalan tol milik cucu Grup Astra ini menghubungkan beberapa daerah mulai dari Jakarta Barat, Serang, Tangerang, hingga Cilegon. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo