Ini 5 Keuntungan dari Investasi Properti yang Wajib Anda Tahu!

image

PropertiNews.id, Tangerang - Investasi properti saat ini sedang naik daun dan tengah banyak diganderungi oleh kalangan milenial. Bukan tanpa sebab, mereka yang memilih investasi properti adalah karena untung yang didapatkan memang sangat menjanjikan dan cukup tinggi dibandingkan dengan investasi lainnya. Apalagi jika melakukan investasi properti di tempat yang sudah dilengkapi dengan infrastruktur pemerintah, serta berada di lokasi yang terbilang strategis.

Meskipun demikian, investasi properti juga memerlukan dana yang cukup tinggi dikarenakan harga properti yang setiap tahunnya meningkat. Banyaknya orang yang beralih ke investasi properti juga adalah karena minimnya risiko yang akan didapat.

Jika saat ini Anda berencana untuk melakukan investasi, maka investasi properti patut untuk dipertimbangkan. Selain minim risiko, banyak keuntungan yang akan didapat jika memilih investasi ini.

Apa sajakah keuntungan dari investasi properti yang dimaksud? Berikut kami berikan uraiannya untuk Anda!

Harga yang Cenderung Terus Naik

Properti adalah salah satu sektor yang harganya terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Baik itu rumah, apartemen, maupun tanah, harga yang dibanderol saat ini akan sangat berbeda dengan harga yang dibanderol pada tahun depan. Cenderung naiknya harga properti salah satunya karena wilayah yang terus mengalami pengembangan. Apalagi, jika Anda melakukan investasi properti di wilayah yang kedepannya akan menjadi kawasan berbasis Transit Oriented Development (TOD), maka dapat dipastikan harga properti yang Anda miliki saat ini, bisa naik 3 kali lipat bahkan lebih dalam 5 tahun hingga 10 tahun ke depan. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keuntungan buat Anda.

Risiko yang Rendah

Di awal sudah disebutkan bahwa properti adalah investasi dengan minim risiko. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pergerakan nilai properti tidak sekencang dan sesensitif nilai saham. Apabila saham akan terus berpatokan dengan kondisi pasar dan mengalami nilai yang naik turun, sedangkan properti pergerakannya tetap stabil.  Dengan keadaan seperti ini, maka investasi properti cocok dimulai oleh investor yang tidak ingin mengambil risiko yang tinggi.

Potensi Pendapatan Pasif

Saat melakukan investasi properti, Anda juga bisa memperoleh pendapatan pasif. Contohnya, apabila Anda sedang menunggu masa pensium dan memutuskan untuk mengontrakkan atau menyewakan properti yang Anda miliki, maka Anda akan memperoleh pendapatan pasif sembari tetap memiliki properti tersebut (karena Anda tidak menjualnya). Jadi, dapat dikatakan investasi properti memiliki keuntungan ganda, di mana selain nilainya yang terus meningkat, Anda juga bisa memperoleh penghasilan pasif selama Anda belum menjualnya.

Pengumpulan Aset Lebih Cepat

Dengan perhitungan yang tepat dan didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, Anda dapat memiliki banyak properti secara bersamaan dengan modal minimal. Dengan menggunakan fasilitas pinjaman hiptek, maka Anda dapat membeli beberapa properti dengan menyediakan dana hanya 20%.

Investasi Jangka Panjang

Dibandingkan dengan investasi pada sektor lainnya, seperti emas, investasi pada bidang properti memiliki karakter yang lebih tahan lama. Bisnis properti memiliki horizon (jangka waktu) investasi rata-rata 3 - 5 tahun. Artinya, setelah 3 – 5 tahun, perkembangan nilainya sudah cukup berarti untuk menghasilkan capital gain (selisih harga beili dan harga jual).

Nah itu tadi 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih melakukan investasi pada sektor properti. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera berinvestasi properti. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo