Kelebihan dan Kekurangan Kontrak Rumah yang Harus Dipahami

image

PropertiNews.id, Tangerang – Dengan sulitnya untuk mendapatkan hunian, sebagian orang memilih untuk mengontrak rumah. Hal ini dipilih karena dianggap sebagai solusi yang efisien. Namun mengontrak rumah juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ingin tahu apa saja? Simak pembahasan di bawah ini.

Kelebihan Kontrak Rumah

Bebas Biaya Uang Muka

Hal ini mungkin menjadi perbedaan paling signifikan secara keuangan dibanding dengan membeli rumah. Bila membeli rumah, setidaknya Anda harus menyediakan uang muka sebesar 20 persen sampai 30 persen dari nilai rumah. Sementara untuk kontrak rumah, Anda hanya perlu menyiapkan dana sesuai dengan jangka waktu sewa yang Anda inginkan, misalnya enam bulan atau satu tahun.

Biaya Perawatan

Rumah yang dikontrakkan bukanlah milik Anda. Jika ada kerusakan yang terjadi secara tidak sengaja, misalnya ada atap bocor karena angin kencang, Anda tidak perlu repot-repot untuk memperbaikinya. Anda tinggal melapor kepada pemilik rumah untuk renovasi. Tapi, hal ini tergantung pada perjanjian awal Anda dengan pemilik rumah kontrakan.

Bebas Biaya PBB Rumah

Biaya PBB juga menjadi tanggungan dari pemilik rumah, sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran tersebut. Besar dari biaya PBB tergantung pada letak dan luas tanah dan bangunan. Karena tidak membayar PBB, Anda juga terbebas dari risiko denda bila lupa atau telat membayar PBB.

Kekurangan Kontrak Rumah

Biaya Sewa Cenderung Naik

Seiring dengan kenaikan harga rumah, biaya sewa rumah juga biasanya mengalami kenaikan setiap tahunnya. Anda dapat menerima harga tetap dengan cara melakukan kontrak jangka panjang misalnya dua tahun, sehingga harganya tidak akan berubah dalam dua tahun tersebut. Namun konsekuensinya, Anda harus menyiapkan dana untuk masa sewa dua tahun sehingga tentunya dana yang disiapkan lebih besar. Kenaikan biaya sewa per tahun bergantung pada letak dan kondisi rumah tersebut.

Biaya Perbaikan Sehari-Hari

Penyewa rumah tetap terbebani dengan biaya perbaikan sehari-hari. Walau penyewa tidak akan dibebani dengan biaya renovasi, namun kerusakan-kerusakan kecil tetap bisa saja terjadi. Contohnya, keran yang rusak atau memperbaiki kebocoran. Jika diakumulasikan, pengeluaran ini juga tidak bisa dibilang murah.

Tidak Memiliki Aset

Dengan membeli rumah, saat selesai mencicil maka rumah tersebut menjadi milik Anda. Saat selesai mencicil, ada kemungkinan nilai rumah sudah naik beberapa kali lipat sehingga akan menghasilkan keuntungan bila dijual. Lain halnya bila mengontrak, maka dana yang Anda keluarkan setiap tahun hanya biaya kontrak dan pada akhir masa kontrak tetap tidak memiliki hak atas rumah tersebut.

Tidak Mendapat Rumah yang Sesuai

Dengan membeli rumah, Anda memiliki keleluasan untuk memilih rumah dan mengatur tata letak atau perabot sejak awal. Bila hanya menyewa, maka perabot dan tata letaknya sudah disiapkan oleh pemilik. Saat ingin mengubah tata letak, Anda harus mengacu pada kesepakatan awal apakah boleh langsung dilakukan atau harus meminta izin pada pemilik. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo