Mari Ketahui Bersama Penyebab Korsleting Listrik yang Biasa Terjadi di Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Listrik merupakan salah satu energi yang dibutuhkan oleh manusia untuk beraktivitas. Di rumah sendiri, listrik sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Tak jarang, korsleting listrik terjadi di rumah, hingga menyebabkan bencana seperti kebakaran.

Korsleting listrik tentu saja harus dihindari. Untuk menghindarinya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik di rumah. Berikut ini kami berikan beberapa di antaranya:

Alat Listrik Terkena Cairan

Penyebab pertama korsleting listrik yang sering terjadi adalah dikarenakan alat atau sumber listrik terkena cairan. Oleh sebab itu, letakkan benda yang mungkin mengandung cairan seperti dispenser air minum, aquarium, tempat cuci piring, mesin cuci, dan berbagai lokasi di rumah yang dapat menimbulkan percikan air sejauh mungkin dari peralatan atau sumber listrik agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Instalasi Listrik yang Tidak Sempurna

Penyebab korsleting listrik selanjutnya adalah dikarenakan pemasangan instalasi listrik yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyerahkan pemasangan listrik kepada tenaga ahli yang memiliki Sertifikat Layak Operasi (SLO) atau tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI). Mereka akan memastikan untuk menyambung kabel dengan tepat dan rapi, baik saat menyolder atau memasang isolator.

Sambungan Kabel Tidak Rapi

Sambungan kabel yang tidak rapi juga berpotensi menyebabkan korsleting listrik. Untuk itu, usahakan untuk menyambung kabel secara rapi, baik ketika hendak menyolder atau memberi isolator, sehingga potensi hubungan arus pendek dapat diminimalkan.

Menumpuk T-Kontak

Penyebab korsleting listrik selanjutnya adalah karena memasang beban yang banyak pada T-Kontak yang saling dihubungkan satu sama lain. Solusi agar tidak terjadi kebakaran adalah dengan membuat cabang listrik baru sehingga tidak terjadi korsleting listrik.

Alat Listrik Dekat dengan Sumber Panas

Penyebab korsleting listrik selanjutnya adalah dikarenakan adanya paparan panas yang berlebih yang berpotensi menimbulkan percikan api. Itulah mengapa ada baiknya untuk menjauhkan peralatan listrik dari sumber panas seperti kompor dan sebagainya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo