Mengapa Konten Menjadi Hal yang Paling Penting dalam Digital Marketing?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kunci yang paling penting dalam memasarkan sebuah produk lewat media sosial adalah konten yang menarik. Seperti diketahui, masyarakat Indonesia makin gemar mengonsumi konten melalui internet. Pada 2017 lalu, tingkat konsumsi konten lewat dunia maya menempati peringkat ketiga setelah televisi dan media luar ruangan. Maka, Brand dapat menangkap peluang ini untuk mengomunikasikan produknya, yang dapat ditempuh melalui media sosial, content marketing, influencer, atau search engine optimization.

Berdasarkan survei Nielsen Consumer Media pada 2017 lalu, penetrasi internet mengalami peningkatan yang cukup tinggi di Indonesia. Peningkatan tersebut menjadi indikasi bahwa masyarakat Indonesia semakin gemar mengakses berbagai konten melalui dunia maya.

Peningkatan konsumsi konten lewat internet juga diakui oleh agensi periklanan M&C Saatchi, yang pada Januari 2018 lalu mengumumkan telah resmi beroperasi di Indonesia. Menurut dari beberapa sumber mengatakan bahwa tingginya konsumsi konten digital di Indonesia bisa dimanfaatkan brand untuk menyampaikan pesannya. Sebab, konten yang menarik bisa menjadi tool communication yang mudah diterima oleh masyarakat.


Memilih saluran komunikasi yang tepat
Secara garis besar, terdapat empat saluran komunikasi yang dinilai cukup efektif untuk mendukung penyampaian konten digital kepada masyarakat. Empat saluran komunikasi tersebut adalah:

•    Media sosial
•    Content marketing
•    Influencer
•    Search engine optimisation (SEO)

Meski keempat saluran tersebut cukup efektif, bukan berarti pelaku digital marketing di Indonesia tak menghadapi tantangan walaupun sudah membuat konten semenarik mungkin. Demografi dan psikografi masyarakat Indonesia yang terlalu luas, serta adanya ketertarikan ataupun perilaku yang beragam di masing-masing daerah, menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku di Indonesia.

Selain itu, dalam dunia digital juga dikenal istilah “it’s a minute by minute world”, yang mana konten berkembang dan berubah setiap harinya. Sesuatu yang viral hari ini belum tentu esok hari masih menjadi topik yang hangat. Dinamika arus informasi yang begitu instan dan cepat menjadi tantangan tersendiri di dunia digital marketing saat ini.

Untuk itu, pesan yang simpel dan sederhana akan lebih mudah dicerna masyarakat. Sebuah brand harus secara intens mengomunikasikan pesan tersebut secara rutin dan personal, bukan secara besar-besaran. (ES)

Informasi selengkapnya, klik di sini.

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo