Mengenal Jenis Perangkat pada Teknologi Smart Home

image

Propertinews.id, Tangerang – Smart Home atau rumah pintar merupakan sebuah teknologi kecanggihan yang digunakan dalam dunia properti. Sistem ini menggunakan bantuan sistem komputer yang telah terpogram untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, serta penghematan energi pada sebuah hunian. Fitur yang tersedia dalam teknologi ini dapat mengontrol kegiatan di dalam ruangan hanya dengan mengaktifkan sebuah remote. Sehingga komponen seperti sistem keamanan dan sistem penerangan dapat dikendalikan melalui ponsel maupun komputer.

Teknologi smart home di Indonesia telah mulai dikenalkan dan ditawarkan oleh berbagai pihak. Meski masih dalam proses penyesuaian, akan lebih baik untuk mengenal jenis perangkat dari teknologi smart home dari sekarang. Berikut ulasan tentang jenis perangkat dari teknologi smart home.

 

Smart Home Speaker System

Smart Home Speaker System merupakan perangkat smart home berupa speaker cerdas yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai macam hal. Anda bisa menggunakan Google home untuk mengatur alarm, menyetel musik, mengatur agenda, bahkan menanyakan arti sebuah kata. Anda hanya perlu menyebutkan perintah Anda kepada perangkat yang satu ini. Contoh dari perangkat smart home speaker system adalah Google Home. Dengan menghubungkan Google Home ke perangkat lain, Anda juga bisa memakainya untuk mengatur cahaya lampu, bahkan suhu ruangan. Selain Google Home, contoh perangkat lain yang sejenis adalah Amazon Echo dan Apple HomePod.

 

Smart Entertainment

Jenis perangkat smart home ini biasanya meliputi sistem audio, video, dan smart TV yang tersambung pada sistem internet atau WiFi. Dengan perangkat ini, Anda dapat menikmati sensasi home theatre seperti bioskop. Anda juga dapat mengatur pencahayaan pada ruangan. Selain itu, melalui perangkat ini Anda dapat mengakses internet dan menyetel film sesuai keinginan Anda. Smart Entertainment merupakan perangkat smart home yang telah banyak digunakan di Indonesia.

 

Smart Connectivity

Perangkat smart home yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan rumah dari jarak jauh hanya dengan satu perangkat. Dengan menggunakan perangkat Smart Connectivity, Anda dapat mengendalikan apapun dari satu tempat, seperti mengunci pintu, menutup/membuka tirai jendela, menyalakan/mematikan lampu dan AC, memanaskan air, dan lain sebagainya. Salah satu contoh dari perangkat Smart Connectivity adalah Smartthings dari Samsung. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan AC, mesin cuci, bahkan vacuum cleaner dengan menggunakan smartwatch atau smartphone Anda.

 

Smart Security

Perangkat ini memungkinkan adanya sistem pengamanan pada hunian Anda selama 24 jam penuh. Anda dapat mengintegrasikan CCTV pada hunian Anda dengan perangkat smart home yang satu ini. Dengan begitu Anda dapat tetap mengawasi kondisi hunian Anda melalui smartphone saat berada jauh dari hunian. Selain itu, sistem keamanan dari smart home juga secara otomatis akan mengaktifkan alarm saat ada pencurian dan secara otomatis menghubungi pihak keamanan.

 

Smart Door Lock

Perangkat Smart Door Lock akan memberikan pengamanan ganda pada hunian Anda dengan menggunakan teknologi kunci pintar berupa fingerprint, handphone, dan password. Perangkat ini akan membuat hunian Anda menjadi lebih aman bahkan saat Anda sedang tidak di rumah. Salah satu contoh dari perangkat ini adalah Sugar Smart P.LOC Smart Door Look yang menggunakan sidik jari sebagai sistem keamanannya.

 

Itu dia beberapa jenis perangkat smart home yang dapat Anda gunakan pada hunian Anda. Setelah mengenal beberapa jenis perangkat teknologi smart home, apakah Anda tertarik untuk menerapkan teknologi smart home pada hunian Anda? (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo